PB|Pasuruan – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., melakukan peletakkan batu pertama pembangunan rumah Warga Non Pemukim di Tanah TNI AL Grati tepatnya di Lahan BMN TNI AL Desa Jatirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan, Jatim,  Kamis (12/7).  

Tampak hadir dalam acara peletakan batu pertama Pembangunan Rumah Warga Non Pemukim di Tanah TNI AL Grati tersebut antara lain Paban 5 Slogal, Bupati Pasuruan,  Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Aslog Pangkoarmada II, Asintel Danlantamal V, Aslog Danlantamal V, Aspers Danlantamal V, Dankolatmar, Kabalur Jaltim, Kakimal Grati Pasuruan, Kasubdis Fastanah Disfaslanal, , Dandim 0819/Pasuruan, Wakapolres Kota Pasuruan, Sekda Kabupaten Pasuruan, Kadisfaslan Lantamal V, Kadiskum Lantamal V, Danpuslatpur Grati Pasuruan, Camat Lekok Kab. Pasuruan, Camat Nguling Kab. Pasuruan, Danramil Lekok, Danramil Nguling, Kapolsek Lekok, Kapolsek Nguling, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Direktur PT. Winona Prakarsa Bahari, Kades Sumberanyar, Kades se Kecamatan Lekok dan tamu undangan lainnya.

Komandan Lantamal V dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah dan melindungi keselamatan bangsa serta menjalankan operasi militer perang maupun operasi militer selain perang dan ikut serta aktif dalam perdamaian dunia.

Hal tersebut tentunya TNI AL berkewajiban untuk menjaga profesionalisme prajurit dalam meningkatkan kemampuan perorangan maupun satuan tempur di dalam penugasan operasi militer.

Sehubungan dengan hal tersebut maka TNI Angkatan Laut perlu menyediakan sarana dan daerah latihan tempur yang memadai baik dari segi keamanan maupun medan yang mendukung, wilayah Grati ini ditetapkan sebagai daerah pusat latihan tempur TNI Angkatan Laut yang berapa kali sudah digunakan untuk kegiatan latihan tempur TNI angkatan laut maupun dari gabungan TNI.

Hal tersebut tentunya perlu adanya pengamanan yang maksimal terhadap lingkungan sekitar terkait dengan masih terdapat beberapa lokasi yang dijadikan sarana tempat tinggal warga,  sehingga TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal V beserta stickholder lainnya merasa perlu melaksanakan renovasi pembangunan Perumahan dan BMN TNI AL Grati Pasuruan ini.

Acara peletakan batu pertama ini sekaligus sebagai momentum untuk memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar dalam pelaksanaan pembangunan rumah relokasi lahan BMN TNI Angkatan Laut Pasuruan berjalan aman, damai dan lancar.

TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal V akan melaksanakan pembangunan rumah type 36 sebanyak 90 unit untuk relokasi warga non pemukim di lahan pertahanan Grati, Pasuruan.

“Pembangunan rumah yang sehat dan bersih adalah idaman kita semua kami berharap dengan dibangunnya rumah ini maka kenyamanan dan keselamatan terjaga sehingga fungsi daerah Grati ini sebagai daerah latihan bisa terpenuhi,” terangnya.

Selesai acara peletakan batu pertama Komandan Lantamal V beserta segenap tamu undangan melaksanakan penijauan lokasi dan diakhiri dengan ramah tamah.(Dispenlantamal V|red)

Bagikan