PB|Beirut – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno L.P. Marsudi berkunjung ke KRI Usman Harun-359 saat sandar di dermaga Beirut, Lebanon hari Minggu (25/02).  Kunjungan Menlu RI disambut langsung oleh Komandan KRI Usman Harun-359 yang sekaligus Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J UNIFIL 2017, Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H.,M.Si. dan seluruh prajurit Satgas di geladak heli.  
Acara kunjungan Menlu RI diawali dengan sambutan Komandan KRI Usman Harun-359 dan Menlu RI. Menlu RI mengatakan bahwa “Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada TNI Angkatan Laut yang telah menjadi bagian dari pasukan perdamaian PBB dan MTF TNI, hal ini akan mendukung kita untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.
Usai sambutan, acara dilanjutkan ramah tamah diiringi lagu dari band prajurit KRI Usman Harun-359 dan penampilan kesenian. Kesenian yang ditampilkan antara lain rampak gendang, tari remo, tari saman dan pencak silat. Penampilan prajurit KRI Usman Harun-359 memukau Menlu RI dan hadirin ramah tamah. Disela-sela ramah tamah, Menlu RI berbincang kepada salah satu prajurit KRI Usman Harun-359.
Menlu RI menanyakan bagaimana kabar prajurit dan keluarga di Indonesia. Usai ramah tamah seluruh Prajurit KRI Usman Harun-359 mengajak Menlu RI dan rombongan untuk menari gemufamire bersama di geladak heli.
Beranjak dari geladak heli, Menlu RI melanjutkan acara ke lounge room untuk menerima paparan singkat dari Komandan Satgas MTF TNI XXVIII-J UNIFIL dan melaksanakan foto bersama prajurit KRI Usman Harun-359 di haluan.
Setelah foto bersama, Menlu RI melaksanakan tour ship KRI Usman Harun-359. Menlu RI mendapatkan penjelasan singkat mengenai alat dan instrumen kapal dari kru KRI Usman Harun-359. Usai tour ship Menlu RI beranjak ke geladak heli untuk mengisi buku tamu dan pesan kepada prajurit KRI Usman Harun-359. Sebagai penutup kunjungan, Komandan KRI Usman Harun-359 dan Menlu RI melaksanakan pertukaran cendramata di geladak heli.
Acara kunjungan ke KRI Usman Harun-359, Menlu RI didampingi Dubes RI untuk Lebanon, H.E. Achmad Chozin Chumaidy, Penasihat Militer RI untuk PBB Brigjend TNI Fulad, Direktur Keamanan Internasional dan Pelucutan Senjata Kemlu, Grata Endah Werdaningtyas, Direktur Timur Tengah Keamanan Kemlu, Sunarko Suwito, Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan Kemlu, Armanatha Christiawan Nasir, Kepala Subbagian Program Antar Kementerian dan Lembaga, Busron Sodikun, Kepala Subdirektorat  Direktorat Timur Tengah, Nanda Avalist.(Pen Satgas MTF TNI XXVIII-J UNIFIL|red|PB)
Bagikan