PB|Surabaya – Kepala Staf Komando Armada (Kasarmada) II Laksamana Pertama TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Candi Bentar Majapahit yang berada di jalan baru area Pura Segara Kenjeran Surabaya, Selasa (05/06/2018).  
Pura Segara yang terletak di Komplek perumahan TNI Angkatan Laut Jl. Memet Sastrowirya Kenjeran Surabaya tersebut, memiliki nuansa Bali yang sangat kental. Konstruksi  bangunan pura segara dari segi bentuk bangunan dan hiasannya dibuat sama persis dengan yang sering dijumpai di Pulau Dewata Bali. Gapura – gapura dan pintu berukir khas Bali melengkapi nuansa Bali di pura segara.
Pura yang diresmikan pada tahun 1981 oleh Pangdaeral IV Laksda TNI Gatot Suwardi pada saat itu, berdiri tegak di atas tanah seluas 80m x 60m atau seluas 480 m2. Penentuan kosala kosali berdasarkan petunjuk dari Ratu  Ida Pedanda Putra Telaga dari Griya Banjarankan Klungkung – Bali. Areal Pura terdiri dari 3 (tiga) mandala  yaitu Mandala Utama terdapat Padmasana, Bale Pemiosan, Pengurah. Mandala Madya terdapat apit surang, Kori Rong Tiga dan Bale kulkul. Bangunan dibuat dari bahan cetakan oleh tukang yang didatangkan dari desa Kapal kabupaten Badung Bali.(Dispenarmada II|red)