PB|Cilacap – Sebanyak 160 Siswa-Siswi dan 12 Guru Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Ma’arif NU 01 Titih Kulon pimpinan Ahmad Adibudin Al Halim, M.Pd.I, siang ini kunjungi Makodim 0703/Cilacap. Kedatangan mereka langsung disambut oleh anggota Kodim 0703/Cilacap dan diarahkan untuk memasuki Aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap, Kamis (30/03). Komandan Kodim 0703/Cilacap melalui Bamin Staf Personalia, Serma Nanang mengucapkan selamat datang kepada seluruh Guru serta Siswa-siswi MI Ma’arif NU 01 Titih Kulon yang pada kesempatan tersebut datang berkunjung ke Makodim 0703/Cilacap. ” Kami atas nama pribadi dan Komando mengucapkan selamat datang. Mohon maaf kunjungannya Komandan Kodim tidak bisa menyambut karena ada kepentingan kedinasan yang tidak bisa ditinggalkan,” ucap Serma Nanang.

Pada kesempatannya, Serma Nanang menjelaskan tentang TNI baik pakaian, atribut, jenis kepangkatan didalam tubuh TNI, bahkan juga diterangkan tentang tugas pokok TNI khususnya TNI-AD. ” Sebagai bagian dari TNI, tugas pokok TNI AD adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri terhadap keutuhan bangsa dan negara,” terang Serma Nanang.

Siswa-siswi MI Ma’arif NU 01 Titih Kulon ini, terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Serma Nanang apalagi saat diputarkan film dokumenter tentang TNI, ternyata tugas pokok TNI tidak hanya perang tetapi ada juga tugas selain perang yaitu salah satunya bersama masyarakat membantu korban bencana alam serta tugas-tugas kemanusiaan lainnya. Tidak hanya itu, pada saat pengenalan senjata SS1 dan M16, mereka juga saling berebut untuk sekedar memegang jenis senjata milik TNI. Hal ini menunjukan kecintaan mereka kepada TNI. Dengan dipandu oleh beberapa anggota Kodim 0703/Cilacap, siswa-siswi ini berkesempatan untuk memegang senjata secara bergantian.

Sementara itu, menurut Susilowati S.Pd.SD, salah satu dari Guru MI Ma’arif NU 01 Titih Kulon, ini merupakan pengalaman pertama kali siswa-siswinya berkesempatan mengunjungi Markas Kodim 0703/Cilacap. Selain untuk lebih mengenal lebih dekat dengan anggota TNI dan tugasnya, ternyata mereka tidak seseram yang diceritakan orang-orang bahkan siswa-siswi anak didiknya langsung akrab dengan mereka.” ungkap Susilowati. ” Harapannya setelah mengunjungi Kodim 0703/Cilacap ini, kecintaan mereka terhadap tanah airnya semakin tinggi dan hal ini memicu semangat belajar mereka untuk meraih cita-citanya karena kebanyakan dari siswa-siswinya banyak yang ingin menjadi anggota TNI,” ungkap Susilowati.

Ia atas nama Guru MI Ma’arif NU 01 Titih Kulon, mengucapkan banyak terima kasih khususnya kepada Kodim 0703/Cilacap yang telah menyambut baik kedatangan Siswa-siswinya dan memberikan ilmu serta pengenalan tentang tugas TNI. Semoga kunjungan ini akan bermanfaat dan Insya Alloh kunjungan ini akan menjadi agenda sekolahnya untuk lebih mengenal TNI dan meningkatkan kecintaan anak didiknya kepada tanah airnya.” imbuhnya. Selanjutnya, setelah diputarkan film dokumenter tentang TNI, para Guru dan Siswa-siswi MI Ma’arif NU 01 Titih Kulon ini mengadakan foto bersama dihalaman Makodim 0703/Cilacap dengan beberapa anggota TNI Kodim 0703/Cilacap dan dilanjutkan berpamitan untuk kembali lagi ke sekolahannya. (Sty-Red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia