PB|Cilacap – Seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0703/Cilacap, Satdisjan jajaran Kodim 0703/Cilacap serta anggota FKPPI, PPAD dan Veteran Kabupaten Cilacap melaksanakan Upacara Bendera Merah Putih 17an pada bulan Maret 2017 di Halaman Makodim 0703/Cilacap Jalan Jend. Sudirman No. D-1 Cilacap, Jumat (17/03). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap Mayor Inf. Raji, Perwira Upacara Pasi-3/Personil Kapten CPM Teguh Budiono sedangkan untuk Komandan Upacara (Danup) dijabat oleh Kapten Inf Saidin Danramil 11/Sidareja.

Upacara bendera tanggal 17 ini secara rutin dilaksanakan setiap bulannya atau peringatan hari besar nasional tanggal 17 Agustus. Hal ini memiliki makna penting yaitu sebagai upaya untuk mengikatkan kita pada romantisme dan heroisme perjuangan para pendahulu yang telah melahirkan NKRI pada tanggal 17 Agustus 1945 serta sebagai sarana Komando guna menjalin komunikasi antara Pimpinan, Staf dan Anggota agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi mengalir serta dipahami dengan seksama.

Dalam amanat Panglima Kodam IV/Diponegoro yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaikan bahwa kita hendaknya senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME, karena atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga masih diberikan kesehatan. Atas nama pribadi Pangdam IV/Diponegoro mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro yang telah bekerja dengan tulus dan iklas serta mampu menunjukan kinerja yang baik demi kemajuan satuan.

Namun pada akhir Triwulan I 2017, masih banyak yang harus diselesaikan terkait dengan pelaksanaan Prokja TA. 2017 yaitu tertib administrasi dan akuntabilitas setiap produk agar tidak keluar dari prosedur yang sudah digariskan oleh Komando Atas. Tanggal 15 Februari masyarakat Jawa Tengah dan DIY telah menyelenggarakan pesta demokrasi berupa Pilkada secara serentak di 9 daerah, walaupun situasi sosial politik ditanah air sempat mengalami ketegangan, namun pelaksanaan Pilkada di Jawa Tengah dan DIY telah berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Hal ini memberikan gambaran semakin dewasanya masyarakat dalam menyikapi dan menjalankan demokrasi yang telah menjadi pilihan politik utama dunia saat ini.

Terkait hal tersebut, Pangdam IV Diponegoro memerintahkan agar seluruh prajurit Kodam IV Diponegori tetap menjaga netralitas dan tidak melakukan campur tangan terhadap proses yang masih dan sedang berlangsung. ” Sebagai alat negara, para prajurit Kodam IV Diponegoro wajib menjaga netralitas, mengayomi dan menempatjan diri dengan baik diantara semua pihak yang sedang berkompetisi. Kita perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menghormati proses demokrasi dengan mengedepankan cara-cara yang beradab dan beretika. Selanjutnya kita tetap harus menjaga kewaspadaan dan siap membantu pemerintah sampai dengan seluruh proses Pilkada ini selesai.”

Dalam amanat Pangdam IV, ada beberapa atensi dan harapan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh Prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro yaitu ” Senantiasa waspada dan siap siaga terhadap setiap kecenderungan situasi di wilayah masing-masing, Tingkatkan disiplin, dedikasi dan loyalitas yang tinggi, Jalin komunikasi yang harmonis dengan rakyat, Tingkatkan terus pembinaan Satuan melalui kepemimpinan lapangan yang efektif serta laksanakan pemeliharaan dan perawatan Alutsista dan perlengkapan satuan lainnya, Lanjutkan pelaksanaan Progja TA. 2017 khususnya Triwulan ke-2 dengan sebaik-baiknya.

Diluar konteks tersebut, Kasdim juga mengucapkan selamat kepada anggota yang sudah purna tugas dengan harapan setelah bergabung dengan masyarakat tetap jalin hubungan silaturahmi serta berkontribusi membantu TNI dikewilayahan. Selanjutnya pada kesempatan tersebut puIa, Kasdim atas nama Kodim 0703/Cilacap berikan penghargaan dan uang pembinaan kepada Siswa/Siswi berprestasi putra putri anggota Kodim 0703/Cilacap serta ucapan selamat yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. (URIP|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia