PB|Surabaya – Kodim 0831/ST. Tingginya harga cabai yang terjadi saat ini sulit dikendalikan membuat banyak pihak terutama para kaum hawa ikut merasakan, untuk itu anggota Koramil 0831/03 Gubeng  ikut menanam cabai. Kondisi penanaman disusun secara rapi, tanaman cabai menggunakan media polybag tumbuh hijau dan subur dihalaman kantor Koramil Gubeng. Hal ini memerlukan perawatan dan pemeliharaan secara rutin setiap hari.

Serma Sigit selaku anggota Koramil Gubeng mengatakan, seperti kebanyakan tanaman budidaya yang lain, cabai juga memerlukan perawatan rutin agar bisa tumbuh dengan baik. Perawatan pada cabe meliputi penyiraman, pemberian pupuk, membersihkan dari gangguan gulma dan lain-lain, Senin (13/03/2017). Pemberian pupuk yang baik untuk tanaman cabe adalah jenis pupuk kompos, tetapi perlu juga diberikan pupuk buatan seperti NPK dengan dosis secukupnya. Penyiraman bermanfaat untuk menjaga kesegaran pada tanaman cabe sebaiknya dilakukan penyiraman setiap hari,” katanya.

Tetapi bila suhu panas sebaiknya dilakukan penyiraman setiap hari sekali.Bila tanaman cabe sudah tumbuh besar, berikan penahan dari bambu atau kayu. Fungsinya adalah sebagai penopang tanaman cabe agar tidak mudah roboh,” paparnya. Untuk menjaga tanaman tetap tumbuh subur maka perlu dilakukan perawatan agar tidak terserang hama atau penyakit. Untuk menghilangkan hama bisa menggunakan pestisida,” imbuhnya.(MCK 0831|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia