WhatsApp Image 2016-08-29 at 13.43.43 PB | Mojokerto – Dandim 0815 Mojokerto, Letnan Kolonel Czi Budi Pamudji, memimpin Apel Bersama Kesiapan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Kab. Mojokerto, di Lapangan  Graha PT. Haraka Kitri Indah (Horti) Ds. Jatidukuh  Kec. Gondang Kab. Mojokerto, pada Senin 29 Agustus 2016 09.30 WIB.
Dalam amanatnya Letkol Czi Budi Pamudji menegaskan bahwa diperlukan sinergitas di lapangan dan kesiapsiagaan kita bersama-sama dengan warga masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam tugas penanggulangan ini, untuk itu kita harus persiapkan alat komunikasi, kesiapan Sarpras dan  kesiapan personel serta  masing-masing pimpinan bagian atau unit kerja menyiapkan Sarpras  sesuai SOP.WhatsApp Image 2016-08-29 at 13.43.48
Selesai apel dilanjutkan paparan oleh Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) wilayah Kec. Gondang (Sdr. Sofiudin) yang menjelaskan bahwa wilayah hutan seluas 6.000 hektar, yang dibagi wilayah Perhutani dan wilayah Tahura yang berada di Gondang, sering kali terjadi kebakaran pring petung (Bambu Gombong) sehingga apabila ada kebakaran sulit ditangani karena tidak ada jalan menuju titik api tersebut dan kebakaran tersebut kebanyakan disebabkan dari aktifitas warga masyarakat yang diantaranya puntung rokok dari warga yang mencari madu, cari kayu bakar, cari bung (tunas bamboo) dan lain-lain.
Kemudian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Mojokerto menambahkan bahwa sebelum kebakaran terjadi kita harus melakukan pencegahan, karena kabakaran itu terjadi  90% disebabkan dari ulah manusia, jadi hanya 10% saja disebabkan dari alam. Maka dari itu kita harus melakukan tindakan pencegahan yang diantaranya memberikan penyuluhan terhadap warga masyarakat agar tidak membuang puntung rokok di dalam hutan.
Tampak hadir dalam apel tersebut pimpinan dan perwakilan beberapa instansi terkait diantaranya BPBD Kab. Mojokerto, Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Suparno, Kapolsek  Gondang, Camat Gondang, Perhutani,Tahura, Para Kades (Kades Gumeng, Begaganlimo, Dilem dan Ngembat serta  warga masyarakat).   Pukul 10.15 WIB kegiatan selesai dengan tertib dan aman. (Penrem 082/CPYJ/red)
Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia