PB|Surabaya – Asisten Operasi Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Asops Danlantamal V) Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W. S.H., menekankan prajurit dan PNS dijajaran Lantamal V untuk menjauhi tindak penyalahgunaan Narkoba, waspada dan menghindari investasi bodong dan menganut hidup sederhana sebagai kunci hidup sukses.

Hal tersebut dikatakan Asops Danlantamal V dihadapan ribuan prajurit Lantamal V dalam Upacara Tujuhbelasan bulan Maret yang digelar di Lapangan Yos Sudarso, Mako Lantamal V Jl. Laksda M. Nazir No.56 Surabaya, Jumat (17/3).

Sementara itu Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pagarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H.,M.AP. dalam amanat yang dibacakan Asops Danlantamal V mengatakan, pada awal tahun 2017 hingga saat ini, kita telah melaksanakan berbagai kegiatan yang menjadi program kerja Koarmatim, baik itu kegiatan berskala kecil maupun besar. 

Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya adalah rapat staf dan komando (Rasko) Koarmatim tahun 2017. Kegiatan Rasko Koarmatim 2017 merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja dan anggaran TA. 2016 serta penyampaian dan perumusan berbagai kebijakan rencana pembangunan di Koarmatim selama satu tahun ke depan, sehingga diharapkan tugas-tugas koarmatim dan rencana pembangunan koarmatim ke depan dapat dilaksanakan dengan lebih baik dan optimal.

Kegiatan lain yang tidak kalah penting yaitu Apel Komandan Satuan TNI AL (AKS) tahun 2017 yang telah dilaksanakan di Lampung. AKS tahun 2017 ini diselenggarakan dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan strategis, dimana hal tersebut akan berpengaruh kepada karakter, jiwa dan jati diri para prajurit. Oleh karena itu, jati diri prajurit utamanya para komandan perlu dipelihara terus menerus, agar tidak terjadi degradasi yang pada akhirnya berakibat buruk bagi organisasi. Melalui apel komandan satuan tersebut, telah disampaikan reaktualisasi nilai-nilai jati diri TNI, agar dapat dijadikan pilar untuk mewujudkan bangsa yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Selain itu, dalam rangka menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit khususnya prajurit Koarmatim dalam pelaksanaan tugas operasi, pada bulan Januari hingga Maret yang lalu, telah dilaksanakan berbagai latihan yaitu Latpratugas satgas perbatasan Indonesia-Malaysia, perbatasan Indonesia-Philipina, Latkamla Koarmatim dan Latpratugas satgas perbatasan Indonesia dengan Australia dan RDTL. 

Tujuan dari penyelenggaraan latihan tersebut lanjut Pangarmatim, adalah untuk memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit koarmatim agar para prajurit sekalian memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal, guna menunjang pelaksanaan tugas operasi yang sesungguhnya secara optimal.

Sejalan dengan itu, guna lebih meningkatkan kemampuan satker-satker di lingkungan Koarmatim dalam melaksanakan tugasnya, maka jalin terus kerja sama lintas instansi dengan baik. bangun koordinasi dan ciptakan keharmonisan sehingga tujuan utama dalam penyelenggaraan pertahanan dan keamanan nasional dapat terwujud. Selain itu tetap perhatikan kesejahteraan prajurit dalam segala aspek guna meningkatkan kinerja prajurit. Tekankan kepada setiap diri prajurit untuk senantiasa belajar hidup hemat dan sederhana untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Menindaklanjuti kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut yang telah disampaikan pada acara apel komandan satuan TNI Angkatan Laut beberapa waktu yang lalu, di antaranya rencana dispersi Satrol Koarmatim menjadi Satrol Lantamal, pengembangan organisasi di lingkungan TNI Angkatan Laut dan arahan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya narkoba serta hindari bentuk invesatasi-investasi bodong yang secara nyata sangat merugikan para prajurit sekalian. untuk itu tingkatkan pembinaan prajurit dan berikan pemahaman-pemahaman tentang tugas-tugas prajurit secara terus menerus sehingga setiap permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan tugas dapat diselesaikan dengan baik.

Hadir dalam upacara Tujuhbelsan kali ini, Para Asisten Danlantamal V, para Kepala Dinas dan Kasatker di jajaran Lantamal V serta para perwira staf. Sedangkan pasukan upacara terdiri dari satu unit korsik Lantamal V, satu SSK perwira gabungan sama kowal, satu peleton pomal, dua peleton bintara, satu peleton tamtama, satu peleton pns pria dan satu peleton pns wanita.(dispenlantamal V|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia