oleh

BABINSA BERIKAN MATERI PERTOLONGAN PERTAMA DI LAPANGAN

PB|Cilacap – Anggota Babinsa Koramil 15/Karangpucung Serda Moch. Ismail beserta Serda Harih Suwargi hari ini berikan pelajaran Pertolongan pertama di lapangan (Long Malap) kepada 13 anggota Pramuka Saka Wirakartika di Aula Koramil 15/Karangpucung, Minggu (18/12).

Dikatakan Serda Harih Suwargi saat memberikan materi tersebut mengatakan, agar para anggota Sakawira Kartika dapat melakukan pertolongan pertama kepada rekannya jika terjadi kecelakaan pada saat melaksanakan kegiatan dilapangan, selain itu materi pertolongan pertama juga wajib dikuasai oleh anggota Pramuka secara umum,” ujarnya.
“Dalam latihannya Serda Harih menjelaskan beberapa alat yang digunakan pada saat menolong orang luka diantaranya bidai dan pembalut cepat serta cara menanganinya. Setelah diberikan penjelasan kemudian anak-anak ditugaskan untuk praktek dengan kelompoknya masing-masing.
“Dalam memberikan pertolongan pertama pada penderita agar difokuskan tujuannya untuk menolong orang saja, jadi jangan ragu-ragu untuk melakukan tindakan pertolongan karena penderita juga tidak akan menyadari apa yang sedang dialaminya”jelas Serda Harih.Diharapkan,setiap anggota Sakawira Kartika harus mampu menguasai materi ini,agar dapat memberikan bantuan dengan cepat dan tepat,sehingga sikorban dapat bertahan sampai ketempat pertolongan selanjutnya baik di Puskesmas maupun rumah sakit terdekat”.
Kemampuan ini harus benar-benar di dimiliki oleh setiap prajurit Kodim 0703/Cilacap dalam menghadapi dan mendukung tugas-tugas kemanusiaan.[red-sty]

Baca Juga