PB|Cilacap – Babinsa Surusunda Koramil 15/Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap, Serda Moch. Ismail bersama BPBD Majenang melakukan pengecekan lokasi tanah longsor di Desa Surusunda, Minggu (9/4). Wialayah Kecamatan Karangpucung, merupakan wilayah yang menjadi tanggung jawab Posko Bencana alam Koramil 13/Majenang. Tidak hanya itu, termasuk wilayah Kecamatan Cimanggu, Wanareja, Majenang dan Kecamatan Dayeuhluhur. Saat ini di wilayah Kodim 0703/Cilacap terdapat 1 Posko Induk Bencana Alam Koramil 13/Majenang yang tergabung BPBD. Posko Induk berada di komplek Koramil 13 /Majenang.

Dengan adanya posko Bencal, maka penanganan terhadap bencana akan lebih cepat dan lebih baik. Sehingga apabila terjadi bencana bisa teratasi dengan cepat dan sesuai dengan prosedur yang ada. Menurut Babinsa Serda Moch. Ismail, mengatakan “Seperti halnya yang dialami Waryanto (51) warga Dusun Leuwisaeng Rt 02/03 Desa Surusunda Kecamatan Karangpucung merupakan salah satu warga yang rumahnya mengalami rusak berat karena terbawa longsor akibat hujan deras pada 6 April 2017, dan mengalami longsor susulan pada 8 April 2017 kemarin,” ujarnya.

“Untuk mengatasi hal tersebut Babinsa bersama BPBD dan perangkat desa melakukan koordinasi untuk melaksanakan kerjabakti, namun untuk hari ini belum dapat dilaksanakan kerjabakti karena kondisi tanah masih labil. Pada kesempatan tersebut Babinsa bersama BPBD menyerahkan bantuan – bantuan berupa mie instan, air mineral, peralatan mandi dan karung kepada warga yang terkena dampak dari tanah longsor.

Sambungnya, Hal ini patut kita syukuri bersama dan menjadi pelajaran bagi kita semua agar lebih waspada dan peka terhadap perkembangan situasi disekeliling kita, terutama para warga yang pemukimannya berdekatan dengan tebing atau ditempat ketinggian. Dan dihimbau untuk semua warga apabila terjadi tanah longsor, segera menyelamatkan diri dan keluarganya ke tempat yang lebih aman dan silahkan melaporkan kepada kepala Babinsa atau perangkat Desa setempat agar permasalahan segera di tindak lanjuti,” imbuhnya. (Srd. Sty)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia