Samudra Pasifik – Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Rimpac) 2018, yang terdiri dari KRI Raden Eddy Martadinata (REM) – 331 dan KRI Makassar (MKS) – 590 usai melaksanakan Latma Multilateral Rimpac 2018 di Honolulu Hawaii Amerika Serikat, ditengah pelayarannya mengarungi Samudera Pasifik untuk menuju ke Indonesia, melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Jum’at (17/08/2018).    
Kedua KRI kebanggaan Bangsa Indonesia ini berlayar sejajar dengan jarak 150 Yard dengan seluruh Prajurit berdiri tegak di atas geladak Helly masing-masing kapal. Upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan RI yang dipimpin langsung oleh Dansatgas Latma Rimpac 2018 Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi selaku Inspektur Upacara di atas geladak Helly KRI MKS – 590 dan Komandan KRI REM – 331 Kolonel Laut (P) Sandharianto yang berdiri di atas Wing bridge KRI REM – 331 ini sangat berkesan dan menjadi pengalaman pertama kalinya bagi Prajurit Satgas Latma Rimpac 2018. 
Pada kesempatan tersebut, Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. yang mengatakan peringatan Hari Kemerdekaan bertema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa” memiliki makna sebagai esensi sekaligus ajakan kepada segenap masarakat indonesia untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan banggsa dan mencapai prestasi baik di lingkungan Nasional maupun di mata dunia.
Sesuai dengan kebijakan pembangunan kekuatan TNI AL yang tertuang dalam Minimum Essential Force (MEF), terdapat empat program yang menjadi prioritas yaitu program dukungan kesiapan matra laut, program modernisasi Alutsista dan non Alutsista serta pengembangan Fasilitas dan sarana prasarana pertahanan negara matra laut, serta program penyelengarahan manajemen dan operasi matra laut. “Selain itu, TNI AL harus mampu membina dan memberdayakan potensi maritim untuk di gunakan bagi kepentingan pertahanan negara”, pungkas Kasal.
Usai pelaksanaan Upacara, seluruh Prajurit Satgas Latma Rimpac 2018 melaksanakan lomba-lomba, kuis serta permainan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI di atas geladak Helly KRI REM – 331, antara lain kuis berhadiah melalui saluran telepon kapal KRI REM – 331, lomba memakai baju kebakaran/baju tahan api, tenes meja, bongkar pasang senjata M4 Carbine, lomba karaoke, lomba makan, lomba menyelamatkan korban dari pintu darurat kapal.(dispen armatim|red|noven)
Bagikan