oleh

Bantu Satgas TMMD Purbalingga di Makadam Sambil Asuh Anak”

PB|PURBALINGGA – Fisik jalan Makadam yang dibangun dan diperkeras TNI dalam gelaran TMMD Reguler 101 Purbalingga memang sudah menyisakan finishing saja, hanya di beberapa bagian memerlukan pengurugan batu maupun pasir.

Pekerjaan selanjutnya adalah, menggenjot penggalian parit dan pembereman jalan di kanan-kiri Makadam sepanjang 1.975 meter. Dalam penggalian parit sekaligus pembereman jalan ini, tidak hanya orang dewasa dan pemuda saja yang terlibat, tetapi anak-anak yang ada dilokasi kegiatan juga ikut terjun membantu pengerjaan. Mereka adalah anak para warga yang dibawa ibunya kelokasi TMMD karena rata-rata masih balita maupun masih kecil.

Rafiq (4,5) sangat senang membantu ibunya Jumiati (34) warga Rt. 06 Rw. 02 Desa/Kecamatan Karangjambu. Baginya menumpulkan batu adalah sebuah permainan seperti yang biasa dirinya lakukan bersama anak-anak kecil lainnya di sekitar rumah.

Melihat pemandangan tersebut membuat Serda Sudarman, Provost Kodim 0702 Purbalingga meminjam cangkul dan membantu mereka, membantu para Ibu-ibu yang menggerombol dan terlihat kompak dalam berkerja. Padahal tugas provost di TMMD adalah pengamanan sekaligus memantau dukungan material maupun logistik. Ibu-ibu biasa bekerja sambil ngerumpi, makanya mereka sering bergerombol.

Ini adalah gambaran bahwa manfaat TMMD sudah menyentuh seluruh lapisan masyarakat, para Ibu-ibu juga dengan rela meluangkan waktu pekerjaan rumah maupun kesawah, kebun maupun ladang hanya untuk bekerja membantu TNI dan warga laki-lakinya.

“Iya Pak, kalau nggak sekarang kapan lagi, katanya TMMD ditutup 3 Mei. Jadi tinggal 2 minggu kurang, saya rela kok Pak dan sudah diizinkan suami” tutur Jumiati kepada Serda Sudarman.(Pendim 0702|red)

Bagikan

Baca Juga