PB | Cilacap – Bati Tuud Koramil 18/Cilacap Utara Pelda Sapri mewakili Danramil 18/Cilacap Utara menghadiri undangan di SMK Muhammadiyah 1 Cilacap dalam rangka acara Forum Taaruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) sebagai pengisi materi tentang Bela Negara yang diikuti oleh siswa dan siswi kelas X SMK Muhammadiyah 1 Cilacap. Selasa(19/07)

Dalam forum tersebut Batituud mengatakan “Tujuan diberikannya materi Bela Negara (PPBN) kepada siswa baru adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara, mencintai tanah air Indonesia, serta meningkatkan kedisiplinan, menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.13692466_1675328656124678_2409016740388813262_nRasa cinta tanah air adalah upaya untuk membela tanah air. Upaya untuk membela Negara bisa dilakukan dengan pembelaan sesuai dengan profesinya atau pekerjaannya, contohnya pelajar, guru, petani, pedagang dan karyawan swasta. Artinya setiap warga Negara bisa mewujudkan sifat bela negara sesuai dengan pekerjaannya sehari-hari.

Batituud menambahkan sebagai seorang pelajar, perbuatan yang dapat dilakukan sebagai wujud partisipasi dalam pembelaan negara, bisa dilakukan mulai dari lingkungan keluarga yaitu dari bersikap dan perbuatan untuk mempertahankan keutuhan dan kehormatan bangsa, mematuhi perintah orang tua, Mengatasi permasalahan yang timbul secara demokratis.
Di lingkungan sekolah antara lain :

a. Mematuhi semua tata tertib sekolah dengan tertib
b. Mengikuti kegiatan belajar dan mengajar dan upacara dengan baik
c. Menjaga nama baik sekolah, baik itu di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
d. Menghormati jasa para pahlawan
e. Bangga memiliki dan menggunakan bahasa Indonesia
f. Menghargai bendera merah putih sebagai lambang Negara
g. Bangga memiliki budaya nasional
h. Berani membela kebenaran, keadilan, jujur dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kita adalah generasi penerus bangsa, kalau bukan kita siapa lagi.
Masa depan indonesia ada dipundak kalian. Materi Bela Negara ini disampaikan dihadapan 226 anak siswa & siswi SMK Muhammadiyah 1 Cilacap.
(Urip/red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia