PB|Makassar – Sekelompok massa melakukan aksi unjuk rasa di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VI yang berada di Makassar, Senin, (27/03/2017). Pengunjuk rasa menuntut agar pihak Lantamal VI mengizinkan melapas kapal mereka yang ditangkap pihak Lantamal VI karena menangkap ikan menggunakan bahan peledak dan bius di wilayah Perairan Kota Makassar.

Awalnya aksi unjuk rasa berjalan lancar dan damai. Pengunjuk rasa menyampaikan aspirasi mereka dengan tenang dan damai. Suasana demonstrasi kemudian memanas ketika seorang perwira intel dan Polisi Militer  Lantamal VI menemui demonstran negosiasi  dan menyampaikan bahwa kapal kalian ditahan karena menangkap ikan menggunakan bahan peledak dan bius. Bagi siapa yang kedapatan akan ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

Negosiasi tidak mencapai kesepakatan demonstran kemudian memaksa dan bertindak anarkis kemudian  melempari tim Pemanggulangan Huru Hara (PHH) Lantamal VI dengan batu dan botol. Pasukan Tim PHH Mako Lantamal VI terpaksa bergerak maju membentuk formasi-formasi  untuk membubarkan demonstarsi. Bentrokan antara demonstran dengan pasukan PHH Lantamal VI semakin tak terelakkan. Tidak butuh waktu lama, pasukan PHH Lantamal VI berhasil membubarkan paksa pengunjuk rasa. Sejumlah demonstran diamankan karena diduga sebagai provokator aksi. Demonstran yang mengalami luka langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Saat ini situasi Mako Lantamal VI dalam kondisi aman terkendali.

Aksi tersebut merupakan simulasi penanganan aksi unjuk rasa anarkis oleh pasukan PHH Lantamal VI. Ini merupakan bagian dari persiapan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. “Ini adalah bagian dari Glagaspur, dimana personel Lantamal VI menangani aksi unjuk rasa anarkis,” kata Asops Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Anang Nurjatmiko yang  turun langsung mengawasi Simulasi ini. Setelah aksi digelar, Tim Uji Lantamal VI melaksanakan evaluasi terhadap seluruh personel Lantamal VI mengenai rangkaian aksi. Turut terlibat dalam rangkaian kegiatan ini Prajurit Organik Mako Lantamal VI, Batalyon Marinir  Pertahanan Pangkalan VI ( Yonmarhanlan VI), PNS Lantamal VI,  Kesehatan, Damkar danTim K-9 Pomal Lantamal VI bersama dua Anjing pelacaknya.(dispenlantamal VI|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia