Surabaya – Komandan Detasemen Markas Komando  (Denmako) Koarmada II,  Letkol Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos, menyaksikan lomba panahan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke -74,  bertempat di Lapangan Volly Sprogar Denmako Koarmada II ,Ujung Surabaya, Kamis (15/8).
Tercatat 13 satuan pelaksana di jajaran Denmako Koarmada II ikut ambil bagian dalam lomba panahan tersebut. Satuan tersebut antara lain Sops, Satpam, Satminpers, Progar, Satma, Satsiaga, Satprov, Satpum, Sat TKU, Satang, Smin, Set dan Akun Denma.
   Namun ada pemandangan berbeda kali ini,  para pemanah memakai busana khas dari beberapa daerah di Indonesia. Selain busana daerah , juga ada peserta yang memakai kostum atau busana ala tokoh pewayangan yang terkenal seperti Arjuna dan Gatot Kaca.
Yang tidak kalah unik adalah penampilan para suporter dari PNS wanita , yang datang memberi dukungan dengan memakai busana ala Bollywood. Hal inilah yang merupakan ciri khas unik dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke -74 tahun 2019 di Denmako Koarmada II.
Selain kostum unik, ada hal lain yang menambah lomba panahan ini menjadi berbeda yakni sasaran panah yang berupa balon bukan papan sasaran panah seperti lazimnya  lomba panahan.
Sementara itu disela sela perlombaan berlangsung, Komandan Detasemen Markas Komando (Denmako) Koarmada II,Letkol Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos,  menjelaskan bahwa para peserta wajib mengenakan busana daerah dikarenakan sebagai simbol bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan 17.504 pulau yang dimiliki dari Sabang hingga Merauke. Terbagi atas 13.466 pulau yang terdaftar, bernama dan berkoordinat serta pulau tak bernama sebanyak 4.038 pulau. Luas wilayah Indonesia 7.81 juta km2 terdiri dari 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 lautan. Dengan total panjang garis pantai bangsa Indonesia adalah 99.093 km.
“ Pakaian daerah ini merupakan kekayaan budaya Bangsa Indonesia yang dimiliki oleh suku-suku bangsa  kita,  dan tidak ada bandingnya. Sesuai dengan tema perayaan HUT Kemerdekaan tahun 2019 “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”. Mari kita selaku generasi penerus berupaya untuk melestarikan kekayaan budaya ini “, pungkas perwira menengah dengan dua melati di pundak ini. (dispen koarmada II|red|noven)
Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia