PB|PURBALINGGA – Salah satu upaya TNI dalam usaha ikut mencerdaskan anak bangsa adalah dengan memberikan pendampingan belajar di desa-desa, tugas ini sering dilakoni seorang Babinsa terhadap warga binaannya. Adalah  Satgas TMMD Reguler Kodim 0702 Purbalingga, Serka Ratman yang juga merupakan Babinsa Desa/Kecamatan Karangjambu.

Bersama para KKN UNSOED Purwokerto, dirinya memberikan les tambahan kepada murid-murid SDN 1 Karangjambu yang bertempat di Posko KKN Karangjambu. Ada belasan murid yang mengikuti metode pembelajaran dari para KKN dan Satgas TMMD.

Diantara mereka ada Mawar (9), Rani (9), Rina (10), para murid kelas 4 SD. Mereka diajarkan ilmu matematik berhitung menggunakan metode jarimatika.

Metode jarimatika adalah suatu cara berhitung operasi kali-bagi-tambah-kurang dengan menggunakan alat bantu berupa jari tangan. Metode ini melatih pelaku untuk mempergunakan otak kiri dan kanan secara optimal karena menggerakkan jari-jarinya sambil berfikir.

Penerapan jarimatika dapat meningkatkan kecepatan dalam menghitung perkalian bilangan asli. Kelebihan ilmu jarimatika lainnya adalah, memberikan visualisasi dalam proses berhitung, kedua dapat melatih anak untuk menyeimbangkan antara otak kiri dan kanan. Ketiga adalah gerakan dari jari-jari tangan akan menarik minat si anak dalam berhitung serta yang terakhir adalah jarimatika relatif tidak memberatkan memori otak saat digunakan karena metode ini sangat praktis dan efesien.

Sedangkan untuk kelemahannya antara lain tidak bisa dipergunakan untuk perkalian satu angka dengan dua angka, misalnya 14 x 9. Selanjutnya jumlah jari tangan kita terbatas, sehingga operasi matematika yang bisa diselesaikan juga terbatas, serta kelemahan lainnya adalah, jika kurang banyak berlatih maka akan agak lambat menghitungnya dibandingkan menggunakan sempoa.

Ilmu yang diajarkan para KKN dan Satgas TMMD ini membuat anak-anak tersebut dalam waktu singkat dapat melakukan perhitungan dengan menggunakan jarimatika dengan keberhasilan dan ketepatan serta kecepatan dalam perkalian suatu bilangan satu angka.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia