oleh

Brigif Mekanis 6 Kostrad Selenggarakan Tarmudi Ranpur

PB|Sukoharjo – Guna mengkader calon regenerasi pengemudi Kendaraan Tempur yang professional, Brigade Infanteri Mekais 6 Kostrad melaksanakan Penataran Pengemudi Kendaraan Tempur (Tarmudi Ranpur) M113 A1 bertempat di Mabrigif Mekanis 6 Kostrad, Sukoharjo, Jum’at (5/5). Penataran Pengemudi Kendaraan Tempur ini dilaksanakan selama 13 hari, mulai dari tanggal 28 April 2017 s.d. 11 Mei 2017. Adapum para peserta yang mengikuti berasal dari seluruh Satuan Jajaran Brigif Mekanis 6 Kostrad sejumlah 75 orang, dengan rincian Denma Brigif Mekanis 6 Kostrad sebanyak 15 orang , Yonif Mekanis 412 Kostrad 30 orang dan Yonif Mekanis 411 Kostrad 30 orang.

Dalam pelaksanaan penataran ini, para peserta diberikan berbagai materi mengemudi kendaraan tempur antara lain peraturan lalu lintas, baris berbaris kendaraan, pemindahan pasukan, pengetahuan mengemudi taktis dan teknis, mengemudi secara taktis dan teknis, serta keluar masuk garasi.

Penataran mengemudi Ranpur bukanlah latihan untuk menyiapkan prajurit sebagai peraga-peraga untuk memperlihatkan keindahan manufer ranpur, tetapi lebih bertujuan untuk menyiapkan prajurit yang mampu benar-benar tangguh dan handal dalam mengawaki ranpur guna menjawab tantangan-tantangan tugas. Penataran ini sangat penting dilakukan,mengingat spesifikasi kendaraan yang akan diawaki merupakan kendaraan yang cukup rumit, sehingga memerlukan pelatihan khusus. Para peserta pelatihan tersebut dilatih oleh para pengemudi senior yang sangat handal dan berpengalaman.(pendiv2|red)

Baca Juga