PB|Banjarnegara – Rumah Layak Huni (RLH) Tinem (80) warga Dusun Kroya Rt. 02 Rw. 03 Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, menjadi saksi bisu Jenderal bintang satu dari Staf Teritorial Angkatan Darat, makan opak. Kamis (26/7/18).

Opak adalah, makanan cemilan sejenis kerupuk yang berasal dari Desa Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Namun kini sudah desa-desa lain di Jawa Tengah yang juga membuat cemilan tersebut. Rasanya gurih terbuat dari singkong (ubi kayu) kukus, garam dan daun kucai.

Mungkin bagi Brigjen TNI Binarko Sugihantyo, Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Katim Wasev) Sterad, adalah hal yang asing. Namun inilah sambutan istimewa yang bisa disuguhkan Tinem, melalui anak bungsunya Harmini (42) tinggal di Rt. 3 Rw. 3 Dusun Kroya Desa Pasegeran.

Dengan ajakan Wakil Bupati Banjarnegara, H. Syamsudin, S.Pd, M.Pd, termakanlah opak singkong Tinem oleh Brigjen Binarko.

Tiga kata yang terlontar, “Rupanya enak juga,” tutur Binarko, berbagi opak dengan Syamsudin.

Ungkapan terima kasih yang mendalam dari janda lima anak tersebut, diwujudkan melalui opak singkong yang dibuat oleh anak bungsunya. Tinem menerima bantuan rehab RTLH setelah terdata oleh Babinsa, Serda Suwondo dan perangkat Desa setempat, Retno Widodo (43) Kasi Kesra Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum. Kini rumahnya berubah status dari Rumah Tidak Layak Huni menjadi Rumah Layak Huni (RLH).

Sambil menikmati opak singkong, Jenderal tersebut meninjau progres rehab Rutilahu Tinem yang sudah mencapai 85 %, pekerjaan menyisakan coating (pengecatan rumah) dan plesterisasi lantai.(pendim0704|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia