PB|Tulungagug – Untuk menjaga keamanan pantai khususnya di wilayah pantai bertempat di Pantai Popoh Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung diresmikan Pos Pengamat TNI AL Tulungagung oleh Dan Lanal Malang Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono, SH dan Dan Up Kapten Laut (S)  Ady Junianto (Kaur Binpuan Potmar). Selasa(16/5/17). Tampak hadir dalam peresmian  tersebut Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE,M.Si, Dandim 0807/ Tulungagung Letkol Czi Agung Isa Rakhman, Kapolres Tulungagung AKBP Yong Ferrydjon, Kepala Pengadilan Negeri Tulungagung  Eko Hariyanto, SH,M.Hum, Kasiintel Kejari Tulungagung Idham Khalid, SH, Ketua Komisi B DPRD Tulungagung Widodo, Kadin Perikanan dan Kelautan Pemkab Tulungagung Ir. Tatang Suhartono dan Dansubdenpom V/ 1-6 Tulungagung Lettu Cpm Moh. Hadi Mustofa.

Dalam amanatnya Dan Lanal Malang Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono, SH menyampaikan bahwa dua pertiga luas wilayah Indonesia adalah lautan sehingga tidak heran jika para pendahulu terkenal sebagai pelaut ulung, laut merupakan masa depan kita adalah salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini dengan menjandikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kabupaten Tulungagung memiliki perairan dan potensi yang sangat strategis karena dilewati jalur pelayaran kapal – kapal Niaga maupun kapal ikan yang melewati Samudra Indonesia serta mempunyai sumber daya alam yang cukup banyak baik sumber daya perikanan maupun sumber daya tambang sehingga sangat rawan terhadap pencurian berbagai kekayaan alam, tutur Dan Lanal. Lebih lanjut Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono, SH mengatakan dari segi keamanan sangat rawan terhadap pelanggaran  yang terjadi di laut seperti imigran gelap, perdagangan manusia, penyelundupan barang-barang dan pencurian ikan atau ilegal fishing.

Di tinjau dari segi pertahanan perairan Kab Tulungagung berbatasan dengan wilayah negara tetangga sehingga cukup strategis dijadikan sebagai tempat deteksi awal munculnya serangan atau ancaman yang datang dari luar khususnya dari laut Samudra Indonesia. Maka pimpinan TNI AL dalam hal ini pangkalan TNI Angkatan Laut Malang membentuk pos pengamat TNI AL Popoh dengan menempatkan personil sebagai mata telinga dalam mendeteksi secara dini setiap kejadian yang terjadi di perairan Kab. Tulungagung, tegas Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono, SH. Sementara itu Pada kesempatan yang baik ini dengan hati yang tulus Syahri Mulyo selaku Bupati Tulungagung beserta jajarannya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang setinggi-tingginya dan mendukung tugas-tugas dalam menjaga kedaulatan dan keamanan perairan Indonesia.

Dengan adanya pembangunan gedung Pos pengamat TNI AL Popoh  mudah-mudahan semakin memacu kinerja Lanal Malang serta memberi nilai positif terhadap masyarakat, pembangunan serta menggali menjaga potensi  maritim yang ada di KabupatenTulungagung, pungkas Bupati. Kegiatan dilanjutkan pemotongan pita bangunan Pos Pengamatan TNI AL dan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE,M.Si (dim07|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia