PB|Nganjuk – Pencak Silat adalah olah raga seni bela diri yang ada di Indonesia dan berasal dari Indonesia. Sebagai seni bela diri asli Indonesia, pencak silat merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Pada jaman dahulu pencak silat dipergunakan sebagai alat untuk melawan penjajah. Hingga saat ini keberadaan pencak silat masih tumbuh subur di kalangan masyarakat Indonesia.

Di Kab. Nganjuk sendiri tercatat ada 14 perguruan silat yang bernaung dibawah lembaga Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI ). Ketua Umum IPSI cabang Nganjuk saat ini dijabat oleh Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E Dandim 0810/Nganjuk. Namun sayang, fanatisme yang tinggi dan berlebihan dari pengikut masing – masing perguruan silat sering memicu terjadinya pertikaian antar perguruan silat. Untuk itu guna meminimalisir pertikaian antar perguruan silat dan untuk meningkatkan prestasi di cabang olah raga pencak silat, Ketua Umum IPSI cabang Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E yang juga Dandim 0810/Nganjuk secara aktif blusukan mengunjungi tempat – tempat latihan pencak silat. Selain untuk melihat secara langsung metode pelatihan di masing – masing perguruan silat, Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E Dandim 0810/Nganjuk juga memberikan pembekalan kepada para siswa perguruan silat tentang arti pentingnya menjaga kerukunan antar perguruan silat.

Seperti halnya yang dilakukan ketika mengunjungi tempat latihan / Padepokan Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Nganjuk, Selasa ( 25/04 ). Pada kesempatan tersebut Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E Dandim 0810/Nganjuk melihat secara langsung metode dan teknik pelatihan yang diterapkan kepada para siswa. Tampak hadir pada kesempatan itu Kapten CHB Slamet Mujoko Danramil 0810/01 Kota, Drs. Harsono, MM Ketua Harian IPSI Cab. Nganjuk dan Wahyu Ristika Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Kota.

Di hadapan puluhan siswa, Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E Dandim 0810/Nganjuk mengatakan tentang pentingnya menjaga kerukunan antar perguruan silat yang ada di wilayah kabupaten Nganjuk. Pencak Silat merupakan olah raga seni bela diri. Sebagai seni bela diri pencak silat dipergunakan untuk menghadapi bahaya yang mengancam keselamatan dan bukan alat untuk berkelahi dengan perguruan yang lain,” kata Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E Dandim 0810/Nganjuk.

Selain itu pencak silat merupakan salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan. Pada saat itulah kesempatan bagi para pesilat untuk menunjukkan kemampuannya dan mengukir prestasi. Untuk itu daripada berkelahi diluar yang tidak ada gunanya, mending pada saat latihan berlatih yang tekun dan tunjukkan pada saat pertandingan. Karena siapa yang berprestasi tentunya nanti akan dapat penghargaan,”  jelas Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E Dandim 0810/Nganjuk. Sebelumnya Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E Dandim 0810/Nganjuk juga mengunjungi tempat – tempat latihan pencak silat dari perguruan silat lainnya yang bernaung dibawah IPSI Cab. Nganjuk. ( ed’s 0810|red )

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia