Jember – Bertempat di lapangan hitam Secaba Rindam V/Brw Jl Tidar Jember pada Kamis 16/08/2018 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Khusus (Basus) Babinsa TA 2018 dengan Inspektur Upacara Komandan Resimen Induk Kodam V/Brw (Danrindam V/Brw) Kolonel Inf Dendi Suryadi.

  

Pendidikan Bintara Khusus Babinsa tersebut merupakan Pendidikan Pengembangan Prajurit yang sudah berdinas di Kodim Jajaran Kodam V/Brw dan menjabat Babinsa namun dari segi kepangkatan masih berpangkat Tamtama, sehingga mereka diberikan kesempatan mengikuti pendidikan khusus tersebut selama sekitar 40 hari dan lulusannya nanti sudah berpangkat Sersan Dua (Bintara).

Diktuk Basus Babinsa 2018 ini diikuti oleh 471 siswa berasal dari seluruh satuan jajaran Kodam V/Brw, hadir dalam pembukaan upacara pembukaan diantaranya : Jajaran Staf Danrindam V/Brw, Danbrigif 9/2 Kostrad Kolonel Inf Robby Suryadi, Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Danyon Armed 8/105 Tarik serta komandan satuan TNI AD serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Danrindam V/Brw membacakan amanat tertulis Pangdam V/Brw yang pada intinya selaku Pangdam beserta seluruh jajaran Kodam V/Brw mengucapkan selamat khususnya para Tamtama yang telah lulus dan terpilih mengikuti Diktukbasus Babinsa TNI AD Th. 2018.

Pendidikan Diktukbasus Babinsa TNI AD bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para Bintara Siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai Babinsa yg berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit sehingga siap terjun membina wilayah Desa binaannya.

Sasaran yang ingin dicapai dalam pendidikan ini tidak lepas dari tripola dasar pendidikan dalam pembentukan sikap dan prilaku dengan harapan terwujudnya perubahan sikap dan prilaku dari Tamtama menjadi Bintara TNI AD.

Hal yang harus dipahami dan diwujudkan adalah bagaimana mewujudkan lima kemampuan teritorial secara profesional, untuk itu saya minta pendidikan yg relatif singkat ini danfaatkan untuk belajar dan berlatih mengenai tugas” Babinsa sehingga tercapai tujuan pendidikan secara optimal. Tegas Pangdam V/Brw dalam sambutan tertulis yang dibacakan Danrindam V/Brw.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi menyampaikan selamat atas dibukanya Pendidikan Pembentukan Bintara Khusus Babinsa TA 2018, dari 471 siswa Bintara tersebut 21 orang diantaranya berasal dari satuan Kodim 0824 Jember.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif  Munawar berharap agar para pelajar dapat melaksanakan pendidikan dengan baik dan mematuhi aturan pelatih sesuaikan dengan arahan Pangdam V/Brw yang sudah dibacarakan oleh Danrindam V/Brw saat upacara pembukaan tadi, sehingga nantinya dapat lebih  memahami tugas sebagai Babinsa dalam menunjang tugas satuan teritorial secara optimal. (sis24|red|noven)

Bagikan