241116-pengarahan-kowal-4aPB | Surabaya – Dihadapan kurang lebih 190 orang anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) wilayah Surabaya, Komandan Pangkalan Utama TNI AL V( Danlantamal V) Laksma TNI Edi Sucipto, S.E. menghimbau untuk menjauhi narkoba, baik sebagai pengguna maupun pengedar.

Himbauan tersebut disampaikan Danlantamal V Laksma TNI Edi Sucipto, S.E. dalam kapasitasnya sebagai Pembina Kowal wilayah Surabaya dalam acara pengarahan dalam pertemuan Kowal wilayah Surabaya yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal V Surabaya, Kamis (24/11).

Dalam acara pengarahan sekaligus perkenalan Laksma TNI Edi Sucipto, S.E. sebagai pejabat baru menggantikan Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.A.P ini juga hadir Laksma TNI DR. Ave Suhardiningsih, S.Kep, M.Kes, Perwira Koordinator (Pakor) Kowal Wilayah Timur Kolonel Laut (KH/W) Dra. Zahar Mahmuda, para Asisten Danlantamal V, Ketua Korcab V Ny. Herniwati Edi Sucipto, dan ibu ibu pengurus Korcab V Jalasenastri DJAT.241116-pengarahan-kowal-3Lebih lanjut tentang narkoba, menurut Edi-sapaan akrab Danlantamal V ini, narkoba saat ini sudah dianggap sebagai bahaya laten yang mampu menghancurkan masa depan bangsa Indonesia melalui perusakan mental generasi muda Indonesia, karena begitu mudahnya masyarakat terpengaruh. Terlebih narkoba saat ini begitu mudahnya juga didapat.

Hal tersebut lanjut Edi, juga merupakan salah satu cara musuh yang tak terlihat untuk menguasai  Indonesia yang kaya akan potensi sumber daya alam dibidang agraris dan maritim. Cara licik musuh yang tak terlihat atau yang diistilahkan dengan Invisible Hand ini, salah satunya juga adalah upaya memecah belah persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia.“ Terkait perkembangan kondisi bangsa saat ini yang rentan terhadap upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, saya tekankan kepada seluruh anggota Kowal wilayah Surabaya untuk memegang teguh Pancasila, dan mendasari setiap tingkah laku maupun kinerja dalam bertugas dengan nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Trisila TNI AL “, tandas orang nomor satu di Lantamal V ini.

Dalam arahannya Edi pun mengingatkan akan tugas dan kewajiban seorang anggota Kowal sebagai istri, ibu, dan prajurit matra laut. “ Tugas seorang prajurit Kowal sangatlah berat, meskipun demikian tidak melupakan kodratnya sebagai wanita, sebagai istri, dan sebagai ibu yang diharapkan dijalani dengan baik “ , tutur mantan Kadispenal ini.241116-pengarahan-kowal-2

Sementara sebagai Pembina Kowal wilayah Surabaya yang baru, Edi juga mengingatkan kembali seluruh anggota Kowal tentang jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa maritime sebagaimana visi dan misi pemerintahan saat ini yang berupaya menjadikan Indonesia sebagai poros maritime dunia.

Karenanya usai acara serah terima jabatan Pakor Kowal Wilayah Timur dari Laksma TNI DR. Ave Suhardiningsih, S.Kep, M.kes kepada Kolonel Laut (KH/W) Dra. Zahar Mahmuda, yang menjadi bagian dari acara pengarahan ini, seluruh Kowal yang hadir disuguhi tayangan film pendek tentang sejarah kemaritiman Indonesia.

Film pendek yang berjudul Kembali Ke Jati Diri Bangsa Maritim tersebut menceritakan tentang upaya TNI AL sebagai salah satu ujung tombak kekuatan maritim Indonesia dalam menjaga keutuhan dan keamanan wilayah maritim Indonesia dengan kekuatan unsur-unsur satuan yang dimiliki TNI AL. Seperti KRI, Pangkalan ,juga satuan-satuan elit seperti Marinir, Kopaska, dan Denjaka.241116-pengarahan-kowal-1Sementara itu untuk menghidupkan suasana, ditengah-tengah arahannya Danlantamal V menyelipkan beberapa pertanyaan seputar isi paparannya maupun hal lain seputar TNI AL sebagai kuis kepada anggota Kowal   yang hadir. Tentu saja hal tersebut segera direspon cepat dengan banyaknya hadirin yang berebut untuk menjawab pertanyaan. Sebab yang berhasil menjawab dengan tepat pertanyaan Danlantamal akan mendapat imbalan.

Acara pengarahan dan perkenalan atau silaturahmi tersebut pun berakhir dengan sesi ramah tamah, dan foto bersama Komandan Lantamal V beserta Ny. Herniwati Edi Sucipto dengan seluruh Kowal Surabaya yang hadir.(dispenlantamal v|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia