oleh

Danlantamal V tanam Mangrove di pantai kenjeran

  PB|Surabaya – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S. E. menghadiri acara penanaman bibit mangrove bersama atau serentak dalam rangka memperingati hari Dharma  Samudera tahun 2016 di pantai Kenjeran Surabaya, jum’at (16/12).

Acara penanaman bibit mangrove ini dibuka secara langsung oleh Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S. H., M. AP. dalam suatu upacara sederhana dan dihadiri oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Ina Darwanto, Kasarmatim, Danguspurlatim, Irarmatim, para Asisten, Kasatker Koarmatim, Dirut Kenjeran Park dan segenap tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangarmatim menyampaikan bahwa penanaman mangrove ini ditanam secara serentak diwilayah jajaran  Koarmatim sebanyak 56.629 pohon. “Pagi ini kita menanam pohon mangrove sebanyak 56.629 pohon yang ditanam secara serentak diwilayah jajaran Koarmatim, khusus di Surabaya ini kita fokuskan di pantan Kenjeran”, ujarnya.

Selain itu, kita juga menjadikan acara menanam pohon mangrove ini sebagai wahana pembelajaran kepada siswa-siswi sekolah agar mereka juga ada merasa memiliki dan rasa mencintai lingkungan disekitarnya, maka dari itu kita libatkan meraka dalam acara ini. Sekali lagi ini juga kita jadikan sebagai sarana pembelajaran.Disamping itu, penanaman pohon mangrove ini juga dimaksudkan untuk memberikan manfaat bagi warga sekitar karena dari pohon mangrove ini akan banyak sekali nilai ekonomisnya (penghasil kayu, penghasil bahan baku industri  pulp, tanin, kertas, tekstil, makanan, obat-obatan, kosmetik, penghasil bibit ikan, nener, kerang, kepiting, bandeng melalui pola tambak silvofishery dan sebagai tempat wisata, penelitian, pendidikan).Selain itu, mangrove juga bermanfaat untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil, melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi, menahan badai/angin kencang dari laut, menahan hasil proses penimbunan lumpur, sehingga memungkinkan terbentuknya lahan baru, menjadi wilayah penyangga, serta berfungsi menyaring air laut menjadi air daratan yang tawar  serta mengolah limbah beracun, penghasil O2 dan penyerap CO2.Pada kesempatan tersebut, setelah menyerahkan bibit pohon mangrove kepada tiga orang perwakilan,  Pangarmatim dan bersama bersama tamu undangan lainnya, Komandan Lantamal V juga menanam pohon mangrove bersama para prajurit Koarmatim, Lantamal V, Saka Bahari, siswa-siswi SMK Kal-1.(dispenlantamal v|red)

Baca Juga