Nganjuk – pada hari Senin tanggal 21 Januari 2019 pukul 05.00 s.d 10.30 WIB bertempat di Ds./Kec. Lengkong telah terjadi bencana banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kec. Lengkong sehingga berdampak air hujan tersebut tidak dapat mengalir karena lajur parit pembuangan yang cukup jauh kurang lebih 4 KM yang berada di Ds. Jegreg kemudian di Ds/Kec. Lengkong parit pembuangan yang sangat kecil dan sempit sehingga mengakibatnya air meluap ke jalan menggenangi wilayah Kec. Lengkong dengan ketinggian air sekitar 20 CM s.d 1 M.

Adapun kronologi banjir Pada hari Minggu tanggal 20 Januari 2019 Pukul 16.00 WIB wilayah Kab. Nganjuk khususnya Kec. Lengkong turun hujan deras dengan intensitas yang tinggi. Pada hari Senin tanggal 21 Januari 2019 Pukul 05.00 WIB karena hujan yang lebat sehingga air yang mengalir ke sungai wilayah Ds. Lengkong cukup banyak, selain itu hujan kali ini merupakan hujan yang paling lama yang intensitasnya tinggi dan sangat lebat sehingga arus air dari wilayah Kec. Lengkong bermuaranya di Ds. Lengkong dan parit yang sempit akirnya tidak mampu lagi menampung air yang akan dialirkan karena untuk jalur pembuangan di Kec. Lengkong yang sangat jauh sekitar kurang lebih 4 KM di Ds. Jegreg untuk menuju ke sungai Widas, sehingga air tersebut meluap dan menggenangi akses jalan dan Sekolahan, pemukiman warga di Ds. Lengkong dan halaman kantor kecamatan Lengkong. Pukul 09.45 WIB Drs. Suwandi, MM (Kabid Linmas Satpol PP Kab. Nganjuk) tiba di pendopo Kec. Lengkong dilanjutkan berkoordinasi mengenai dampak banjir tersebut. Pada hari Senin tanggal 21 Januari 2019 pukul 10.30 WIB kondisi air sudah mulai surut dan pada saat ini ketinggian air sekitar 7 s.d 10 CM. Adapun wilayah Kec. Lengkong yang tergenangi air akibat curah hujan yang intensitas tinggi.

Kapten Inf Riyadi Endon menyampaikan untuk Akses sepanjang Jalan menuju ke pasar Lengkong ketinggian air rata-rata antara 10 s.d 20 CM. Kantor kecamatan Lengkong dengan ketinggian air rata-rata antara 10 s.d 20 CM, Halaman SDN 1 Lengkong dan Halaman SDN 2 Lengkong dengan ketinggian air rata-rata antara 10 s.d 20 CM, Kantor UPTD, PPKB, Pertanian dengan ketinggian air sekitar 20 CM s.d 1 M, Rumah milik Srdi. Rinik Bintari 58 Thn dengan ketinggian didalam rumah 2 CM, Rumah milik Sdri Sarmi 70 Thn dengan ketinggian dalam rumah sekitar 5 CM dan Akses Jalan Raya Lengkong – Gondang barat SPBU Kec. Lengkong Ds. Banjardowo kec. Lengkong.

Forpimcam Lengkon melaksanakan koordinasi untuk mengambil Langkah – langkah dengan instansi terkait baik jajaran Forpimcam Lengkong, Tagana dan BPBD Kab. Nganjuk, Melakukan pendataan serta pengecekan dampak banjir tersebut.

Danramil lengkong menyiagakan anggota Koramil 0810/13 Lengkong, “antisipasi setelah banjir surut nantinya membantu masyarakat yang terdampak banjir” pungkasnya. (Pendim0810|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia