260916_pengusahaPB | Cilacap – Dalam rangka untuk memberi motivasi kepada para petani gula semut di Desa Mekarasari (desa sasaran TMMD Kodim Cilacap) saat memberi penyuluhan kepada para warga (Senin/26/09/2016), Kodim Cilacap mendatangkan seorang Pengrajin gula semut.

Tumiyo yang tinggal di Desa Mulyadadi, Kecamatan Cipari merupakan sosok pengrajin gula semut yang sukses yang ada di Kabupaten Cilacap. Dia Mou dengan 150 petani gula merah yang ada di Kabupaten Cilacap dan hasilnya masuk ke tempatnya. Untuk pemasaran, hampir seluruh kota di indonesia sudah dimasuki produksi gula miliknya sedangkan untu ekpor, ia masih bergabung dengan orang lain.

“Gula yang kita tampung dari para petani gula merah yaitu gula non kimia atau gula yang sudah bersertifikan organik. Ini masih ada 150 pengrajin gula merah lagi yang ada di Kecamatan Dayaehluhur yang akan bergabung,” ungkap Tumiyo.

Gula yang ia produksi ada dua macam yaitu gula semut original dan gula semut herbal. Untuk gula semut herbal ada 10 rasa yakni rasa temulawak, jahe, kulit manggis, mahkota dewa, beras kencur, kunyit putih, daun sirih serta rasa sirsak.

Menurutnya, pelatihan yang dilakukan bagi warga Desa Mekarsari, nantinya akan berlanjut. Yakni, rencana tanggal 5-6 Oktober 2016, ia akan mengadakan pelatihan pembuatan gula semut kepada para pengrajin gula yang ada di Kabupaten Cilacap di Hotel Grand Liana Cilacap. (Pendim0703/cilacap/red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia