oleh

DISKOMLEK KOARMATIM GELAR LATIHAN KETRAMPILAN PENGOPERASIAN DAN PERALATAN MONOBS TW. III TA. 2016

05 DISKOMLEK KOARMATIM GELAR LATIHAN KETRAMPILAN PENGOPERASIAN DAN PERALATAN MONOBS TW. III TA. 2016 (3) PB | Surabaya – Kegiatan latihan rutin ketrampilan pengoperasian peralatan Monitoring Dan Observasi (Monobs) Koarmatim Triwulan II Tahun 2016, secara resmi dibuka oleh Kadiskomlek Koarmatim Kolonel Laut (E) Sukarnoto, S.T., M.Sc., yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan personel Unsur KRI dalam pengoperasian peralatan Monobs, Surabaya, Jum’at, (05/8).
Dalam sambutannya, Kadiskomlek Koarmatim menyampaikan kepada  peserta latihan agar mengikuti kegiatan latihan dengan sungguh-sungguh dan serius, sehingga tujuan dari latihan ini dapat tercapai. Pada kesempatan itu juga Kadisomlek Koarmatim berpesan selama pelaksanaan latihan utamakan keselamatan personel maupun materiil, sehingga kegiatan berjalan sesuai program latihan dan zero accident.
            Kegiatan latihan ini diikuti oleh 62 prajurit Koarmatim Korps Komunikasi (KOM) dan Elektronik (LEK) yang berasal dari Unsur KRI Jajaran Koarmatim. Pada hari pertama pelaksanaan latihan, materi yang disampaikan oleh instruktur dari Diskomlek Koarmatim tentang Teori Dasar Pengoperasian Peralatan Monobs yang ada di KRI.05 DISKOMLEK KOARMATIM GELAR LATIHAN KETRAMPILAN PENGOPERASIAN DAN PERALATAN MONOBS TW. III TA. 2016 (4)
Dalam pelaksanaan hari kedua latihan, kegiatan meliputi klasikal dan materi yang disampaikan tentang Penyelenggaraan Monobs di Lingkungan TNI AL. Sampai hari ketiga dilaksanakan latihan praktek lapangan bertempat di KRI Ahmad Yani (AMY)-351 yaitu praktek dasar pengoperasian peralatan Monobs DDF 255. Dilanjutkan latihan permasalahan menscanning beberapa frekuensi GEM pada band HF, VHF dan UHF yang dipancarkan oleh Diskomlekarmatim serta   mencari sumber/arah pancaran menggunakan fasilitas Direction Finding.
Kegiatan praktek lapangan dapat berjalan dengan lancar dan hasil yang cukup baik, sesuai waktu rata-rata yang diperlukan untuk mendapatkan sinyal pancaran GEM adalah kurang dari 15 detik.
Pada hari keempat pelaksanaan latihan, selain melaksanakan diskusi kelas membahas kegiatan latihan praktek dan evaluasi kegiatan hari ketiga, kegiatan latihan lapangan tentang pendalaman pengoperasian peralatan Monobs DDF 255 di KRI AMY-361. Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh staf penilai dari Kolat Koarmatim.
Memasuki hari terakhir dilaksanakan evaluasi dan kaji ulang untuk membahas pelaksanaan kegiatan latihan yang telah dilaksanakan. Kegiatan latihan pengoperasian peralatan Monobs, sebagai tanda berakhirnya rangkaian kegiatan latihan ini yang ditutup oleh Kasubdis Pernika Letkol Laut (E) M. Zulkifli,S.T., M.MT.(dispenarmatim/ivan/red)

Bagikan

Baca Juga