PB|PURBALINGGA – Sebagai ungkapan rasa syukur karena sungai di desanya menjadi bersih, dalam dan dibangun jalan baru di bantaran sungai, warga Dusun Karanglo Rt. 02 Rw. 01 Desa Karangjmabu menggelar acara syukuran makan bersama di bantaran Kali Laban. Senin (23/4/18).

Syukuran ini sebagai rasa terimakasih warga yang bertujuan memohon keselamatan kepada yang maha kuasa atas terlaksanannya normalisasi sungai yang selama ini warga Karngjambu sangat harapkan. Warga mengajak serta para Satgas TMMD yang sedang mengerjakan pembangunan gorong-gorong di sekitar  jalan lingkar desa. Setelah dinormalisasi menggunakan 1 unit alat berat berupa excavator dari DPU Kabupaten Purbalingga harapan warga agar irigasi untuk lahan pertanian menjadi lebih lancer lagi.

Warga masih mengganggap tradisi ini perlu dilaksanakan bukan karena mistis ataupun hal yang lain, namun hal ini adalah semata-mata sebagai wujud syukur atas doa mereka yang bisa diwujudkan oleh yang maha kuasa  melalui kegiatan TMMD yang di laksanakan oleh Kodim Purbalingga. Dan sebagai ucapan terima kasih kepada Satgas TMMD yang selama ini berperan besar membantu menormalisasi sungai tersebut

Nasi dan lauk pauk yang dimakan merupakan hasil masakan warga secara gotong royong, disajikan secara sederhana menngunakan piring yang juga dibawa warga. Mereka lesehan menggunakan terpal dan tikar dari karung bekas yang dibentangkan.

Dikatakan salah satu warga Karanglo, Parman (42) “Ini sudah menjadi tradisi desa, rasa syukur kepada Tuhan berkat pembangunan. Semoga dengan jalan baru dibantaran sungai dan sungai kami yang jadi dalam, akan lebih meningkatkan kesejahteraan kami” ungkapnya.

Seperti inilah tradisi warga masyarakat Desa Karangjambu dalam mengucapkan syukur kepada Tuhan sekaligus memohon keselamatan dan berkah bagi seluruh penghuni desa.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia