Surabaya – Dua unsur kapal perang Republik Indonesia (KRI) di jajaran Komando Armada II yakni KRI Karang Pilang-981 dan KRI Tombak-629 ikut ambil bagian dalam proses evakuasi KM. Santika Nusantara yang mengalami insiden kebakaran pada Kamis malam (22/8) sekitar pukul 20.45 WIB. 

KM. Santika Nusantara adalah sebuah kapal penumpang jenis RORO, dengan rute pelayaran Surabaya-Balikpapan dan sebaliknya. Namun saat berlayar dari Balikpapan menuju Surabaya dengan membawa 111 penumpang, kapal tersebut  terbakar pada posisi Perairan Tenggara Pulau Masalembo di koordinat  05°11’54, 81″ S – 114°41’54, 19″ E.

Mendapat informasi tersebut Koarmada II segera mengirimkan dua KRI yang sedang berpatroli tidak jauh dari lokasi kapal tersebut untuk segera membantu proses evakuasi. Sementara penyebab kebakaran kapal diduga akibat kebakaran yang dialami salah satu kendaraan yang berada di car deck .

Namun saat proses evakuasi , KRI Karang Pilang 981 dan KRI Tombak 629  terkendala  cuaca buruk yakni gelombang pasang sehingga mengakibatkan keduanya sulit untuk menjangkau lokasi KM .Santika Nusantara. (dispen koarmada II|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia