Batang – Nasihin (45) Dusun/Desa Durenombo Rt/Rw. 2, adalah penggiat kerajinan anyaman bambu untuk ayakan tepung, potensi hasil kerajinan setempat tersebut coba diangkat Serda Sunhadi, anggota Satgas TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang. Kamis (25/10/18). 

Tampak foto, Marinah (57) tetangga Rt. 3, pembeli anyaman bambu untuk ayakan. Diketahui, publikasi kegiatan pembangunan yang dilakukan Kodim 0736 Batang di Desa Durenombo Kecamatan Subah, juga mempublikasikan kerajinan lokal setempat, yaitu “tampah” anyaman bambu, melalui Serda Rumhadi, anggota Satgas yang datang bertamu dan ingin menggali lebih jauh tentang usaha kerajinan tampah. Selain mereka, Yasmah (60) tetangganya, senada. Dalam sehari dirinya dapat membuat 8-10 buah berdua dan dijual perbiji sebesar 10 ribu rupiah kepada para pengecer di Pasar Subah Batang.

Terkait pengaspalan jalan TMMD sepanjang 2,3 kilometer, penghubung antara desanya dengan dusun tetangga, Durensari yang telah ratusan tahun terisolasi, Sri Asih (36) baju biru, istri Nasihin, menyatakan berterima kasih dan bangga, karena nantinya dapat memasarkan dagangannya ke Pasar Pecalungan melewati Durensari. Sehingga mulai menatap pasar baru.  Dengan publikasi TMMD, diharapkan potensi home industri lokal terekspos keluar sehingga lebih dikenal awam, ujungnya meningkatkan pesanan dan kesejahteraan pengrajin itu sendiri.(kodim batang|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia