270916_gandengPB | Cilacap – Selain menggelar  pelatihan gula semut,   di TMMD Reguler ke-97 2016,  Kodim Cilacap dengan menggandeng  Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap,  juga mensosialisasikan  soal  siaga Gizi buruk, Angka kematian ibu dan bayi, Demam berdarah, serta AIDS (GADA), Selasa (27/09/2016)

Di acara yang dihadiri  para Bidan Desa serta PKK Desa Mekarsari itu,  dr. Eva yang sehari-harinya sebagai  Koordinator  UPT Puskesmas Cipari, mengatakan,   melalui  TMMD Kodim Cilacap,   perlu diupayakan  pengentasan  sejumlah permasalahan kesehatan.  Salah satu diantaranya adalah perlu digalakaan  program Siaga GADA.  ‘’Ppermasalahan ini  perlu segera ditangani serius, karena setiap tahun jumlahnya cukup tinggi,’’ ungkap dr Eva.

Pengentasan tersebut dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya dengan  meningkatkan kualitas layanan kesehatan di tiap puskesmas.  Untuk mengantisipasi gizi buruk misalnya, Dinkes Cilacap bekerjasama dengan Puskesmas dan PKK di tiap kecamatan, selalu  memantau kesehatan balita secara berkala.

‘’Pemantauan ini juga menyasar kepada ibu hami dalam rangka  untuk menekan jumlah angka kematian ibu dan bayi. Sedangkan untuk menanggulangi demam berdarah,  Dinkes Cilacap melalui tiap UPT terus mensosialisasikan pentingnya perilaku hidup bersih, agar memutus perkembangan nyamuk Aedes Aegepty, sebagai vektor DBD.’’  (Pendim 0703/Cilacap/red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia