300916-silaturahmi-ibu-catra-1 PB | Surabaya – Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena atau Ibu Pembimbing dan Pelindung Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) , yang saat ini dijabat oleh Ny. Endah Ade Supandi, memberikan sejumlah tips atau kiat dalam membina keharmonisan keluarga terhadap Kowal Lantamal V,dalam acara silaturahmi yang digelar di gedung Serba Guna, Mako Lantamal V,pada Jumat (30/9).
Tips atau kiat khusus bagi anggota Kowal yang telah berkeluarga tersebut diantaranya senantiasa menempatkan suami sebagai imam atau pemimpin mutlak dalam biduk rumah tangga, sehingga apapun yan diarahkan, dan diharapkan oleh suami harus dilaksanakan.
Tercatat sebanyak 162 anggota Kowal menghadiri acara silaturahmi tersebut. Selain Kowal Lantamal V, ikut hadir sejumlah kowal dari beberapa kotama dan satuan kerja TNI AL di Surabaya, yakni Akademi Angkatan Laut (AAL), Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya, dan Depo Pusat Pembekalan Timur (Dopusbektim).300916-silaturahmi-ibu-catra-2Kehadiran Ny. Endah Ade Supandi sebagai Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena di Lantamal V disambut langsung oleh Komandan Lantamal V Birgjen TNI Rudy Andi Hamzah, S.AP sebagai tuan rumah dan juga pembina Kowal wilayah Surabaya, beserta Ny. Ine Rudy Andi Hamzah Ketua Jalasenastri Korcab V DJAT.
Selain keduanya, turut mendampingi Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena yakni Ketua Jalasenastri PG Kodiklatal Ny.Tri Wahyudi Sukarno, Ketua Jalasenastri BS AAL Ny. Nuri Guntur Cipto L., Ketua Jalasenastri BS STTAL Ny. Siswohadi, dan pengurus Bakor Jalasenastri Surabaya lainnya, serta Pakor Kowal Surabaya Kolonel Laut (K/W) A.V. Suhardiningsih.
Lebih lanjut, Endah- sapaan akrab sebagai Ibu pembimbing dan pelindung Kowal juga memberikan kiat menjadikan buah hati sebagai anak yang berbudi pekerti dan bermoral. Hal tersebut dapat terwujud jika angota Kowal sebagai ibu mampu dengan cerdas, cermat, dan cerdik dalam memberikan kualitas pendidikan sang buah hati.
“ Jangan asal-asalan dalam memilih pendidikan bagi anak, usahakan yang terbaik meskipun sedikit lebih mahal namun kualitas pendidikan yang didapat anak pastinya lebih baik dari sekedar asal memasukan anak ke sekolah yang belum kita tahu latar belakangnya ,” ungkap Ny. Endah Supandi.
Kasih sayang, rasa tulus melayani keluarga, saling asah , asih, dan asuh, serta komunikasi yang lancar dan baik dengan suami maupun anak , menurut Endah ikut menjadi kunci sukses dalam membina keharmonisan keluarga.300916-silaturahmi-ibu-catra-3jpgTidak hanya bagi Kowal yang sudah menikah atau berkeluarga, istri orang nomor satu dijajaran TNI AL ini juga memberikan himbauan kepada anggota Kowal yang belum menikah khususnya para bintara remaja yang baru lulus dari pendidikan, dan belum lama mengenyam asam garam kedinasan di Angkatan Laut.
Kepada mereka Endah berpesan untuk selalu menjaga sikap dan kehormatan sebagaimana motto Kowal yakni Pengabdian dan Kehormatan Adalah Jiwaku. Perbanyak dan perluas wawasan melalui pergaulan luas dan positif.
“ Hindari menjadi pribadi pembuat masalah atau trouble maker baik dikediansan ataupun pergaulan sehari-hari. Untuk itu sebaiknya bagi yang masih menyandang status tidur dalam, yakni para bintara dan perwira remaja Kowal, sebaiknya mengambil contoh untuk diteladani dari salah satu senior kalian yang sukses dalam keluarga, kedinasan, dan yang penting tidak memiliki permasalahan asusila maupun indisipliner ,” tandas Endah.
Sebelum mengakhiri ceramahnya yang berlanjurt dengan sesi tanya jawab, sebagai yang dipercaya menjadi Ibu pembimbing dan Pelindung Kowal , Endah menghimbau kepada seluruh anggota Kowal untuk menjauhi pelanggaran terhadap masalah asusila, narkoba, dan indisipliner yang bisa menamatkan karir. Sebab amat disayangkan jika profesi sebagai prajurit wanita yang merupakan pilihan hidup, harus berakhir ditengah jalan hanya karena ketiga masalah tersebut.
Usai sesi tanya jawab, silaturahmi yang berlangsung hangat dan kekeluargaan tersebut ditutup dengan acara ramah tamah yang menampilkan sisi seni anggota Kowal Surabaya. Antara lain penampilan Band Dara Laut yang diawaki para bintara remaja dibawah asuhan Komandan Ksatrian Kartini Mayor Laut (K/W) Fransisca, dilanjutkan dengan seni kolintang dari Kowal AAL, dan sebagai penutup penampilan Line Dance dari Kowal Dopusbektim.(disspenal5/red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia