oleh

Ini Tekad Kodim Cilacap ber – TMMD di Desa Mekarsari

1PB | Cilacap – Ada alasan yang cukup mendasar kenapa Kodim 0703/Cilacap melaksankan TMMD Reguler  ke-97 Tahun 2016 di Desa Mekarsari, Kecamata Cipari. Salah satunya adalah, desa Mekarsari  yang  memiliki luas 855.170 HA,  sejumlah infra Strukturnya yang dalam kondisi rusak (01/09/16).

Menurut, Dandim Cilacap, Letkol Inf.  Deni Gunawan, S.E, melalui Pasiter, Kapten Inf. Tugirun, penentuan Desa Mekarsari sebagai desa sasarn TMMD cukup kuat.  Diantaranya,  secara umum kondisi fisik desa tersebut masih kurang dibandingkan dengan kondisi desa sekitarnya.

Dijelaskan, Desa Mekarsari  merupakan pemekaran dari desa Cisaru  dimana  sebagian besar warganya mengandalkan pertanian sebagai mata pencaharian.  Saat ini,  saluran irigasi dan akses jalan yang menghubungkan desa ke Kecamatan Cipari kondisinya rusak,  sehingga untuk pengairan serta menjual hasil pertanian cukup susah.

Sebagai Petani

Warga  Mekarsari mayoritas bekerja sebagai petani dan buruh tani,  tingkat pendidikannya relatif rendah sehingga   secara tidak langsung  mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat.  Kondisi lainnya,  tingkat kesadaran masyarakat tentang sanitasi juga masih kurang,  ukurannya  terlihat dari jumlah kepemilikan jamban yang sebagian besar hanya dimilki oleh keluarga kaya dan sedang saja. Sedang warga yang belum memiliki jamban kebanyakan buang air di kali dan di kolam.

‘’Sejumlah kondisi  itulah yang menjadikan   prioritas  kenapa Desa Mekarsari menjadi sasaran program TMMD Reguler ke-97 Kodim Cilacap. Dan Alhamdulillah,  rencana TMMD Kodim Cilacap mendapat apresiasi yang baik oleh segenap warga Desa Mekarsari,’’  tambah Pasiter Kapten Inf.  Tugirun. (pendim 0703/Cilacap/red)

Baca Juga