oleh

Istri Prajurit Kostrad Cegah Dini Penyakit Kanker Rahim

  PB|Maros – Dalam rangka sosialisasi dan realisasi program peduli bahaya kanker rahim yang dicanangkan oleh ibu Presiden RI, ibu Iriana Joko Widodo, Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang XX Brigif Para Raider 3 Koorcab Divif 1 PG Kostrad melaksanakan Kegiatan peduli bahaya kanker rahim bagi ibu persit sejajaran yang dilaksanakan di PPK Tingkat 1 Brigif Para Raider 3 Kostrad. Kariango, Maros, Sulawesi Selatan. Jumat (10/3).

Kegiataan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) yang merupakan bagian dari progam kerja yang sedang digalakkan di seluruh Indonesia oleh ibu Negara beserta teamnya yakni Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) untuk mencegah kanker rahim dimulai sejak dini.Acara Ini dibuka oleh Ny. Wiwik Primadi Saiful Sulun selaku Ketua Persit KCK Cabang XX Brigif Para Raider 3 Koorcab Divif 1 PG Kostrad, dalam sambutannya beliau Menyampaikan “Progam yang dicanangkan oleh ibu Iriana Joko Widodo adalah progam yang sangat positif, perlunya kita kaum wanita mengetahui sejak dini tentang kondisi kesehatan rahim kita sendiri, karena selama ini kebanyakan kita sebagai wanita menyepelekan untuk memeriksa kesehatan rahimnya, sehingga tingginya angka kematian wanita didunia saat ini diakibatkan karena ketidaktauan tentang bahaya ganasnya penyakit kanker ini yang sebenarnya dapat dicegah sejak dini dengan pemeriksaan secara berkala”,.Ny. Wiwik Primadi Saiful Sulun juga memberikan motivasi dan keyakinan kepada ibu ibu Persit untuk tidak takut menjalani tes ini, karena tes ini pada dasarnya sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah kita mengidap penyakit kanker rahim atau tidak.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 120 orang peserta yang merupakan gabungan dari anggota Persit Sejajaran Cabang XX Brigif Para Raider 3 Koorcab Divif 1 PG Kostrad dan didukung oleh dokter dan bidan puskesmas Kec .Tanralili, Maros, Sulsel.

dr. Greafiek Fogar Filen N.P. selaku dokter pemeriksa menjelaskan secara teknis bagaimana proses pemeriksaan dan pengecekan kondisi kesehatan rahim dengan menggunakan metode IVA ini, “Metode pemeriksaan kesehatan rahim dengan metoda IVA yaitu dengan menggunakan kapas steril yang dicelupkan kedalam cairan asam asetat kemudian dioleskan kedalam organ intim kewanitaan, dan disitulah dapat dideteksi secara visual apakah kita terkena penyakit kanker rahim atau tidak ” ujarnya.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan banyak kaum wanita khususnya istri prajurit yang terselamatkan dari kematian sia-sia akibat ganasnya penyakit tersebut, kegiatan ini kedepan akan direncanakan dan dilaksanakan secara terprogam oleh Pengurus Persit KCK Cabang XX Brigif Para Raider 3 Koorcab Divif 1 PG Kostrad.(penkostrad|ab|red)

Baca Juga