PB|Surakarta – Dalam rangka memelihara dan pengecekan Alutsista, Brigade Infanteri Mekanis 6 Kostrad melaksanakan pemeriksaan Alutsista secara rutin yaitu pemeliharaan harian dan pemeliharaan mingguan kendaraan tempur (Ranpur) di Mabrigif 6 Kostrad,  Surakarta, Sabtu (25/3).  Pemeliharaan Alutsista ini sangat penting dilaksanakan,hal ini bertujuan untuk mendukung kesiapan dan mobilitas satuan, guna mempermudah pemeliharaan dan perawatan. Dengan demikian diharapkan pelaksanaan pemeliharan dan perawatan Ranpur dapat berjalan dengan baik serta selalu siap guna mendukung kegiatan Satuan Brigif mekanis 6 Kostrad.Di dalam Ranpur terdapat tiga sub komponen yakni Otomotif (Mesin), Senjata dan Komunikasi (radio).   Pada bagian otomotif sendiri masih dibagi beberapa komponen seperti sistem bahan bakar, pelumasan, pendingin (air/oli), pengapian dan pengisapan udara. Pemeriksaan perlengkapan kendaraan (Tool Kit) hingga pemeriksaan baut pada Ranpur maupun pengepetan (pelumasan pada bagian-bagian bergerak). “Perawatan kendaraan menjadi satu hal yang mutlak untuk menjaga kesiapan kendaraan apabila sewaktu-waktu digerakan, agar kondisi Ranpur selalu terjaga harus dilaksanakan perawatan secara berkala”, ungkap Dandenma Brigif Mekanis 6 Kostrad, Mayor Inf Sultan.

Selain pengecekkan material Alutsista, juga dilaksanakan pemeliharaan gerak Ranpur dengan mengelilingi Asrama Brigif Mekanis 6 Kostrad. Kegiatan pemeliharaan gerak Ranpur memiliki tujuan untuk memanaskan mesin dan mengecek seluruh sistem yang terdapat pada Alutsista tersebut. Selain itu, dilaksanakan juga pengecekan kepada seluruh Alutsista meliputi sistem kemudi, pengereman, kelistrikan dan pengapian Ranpur, dengan pengecekan ini dapat diketahui sistem yang terdapat pada Alutsista tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Pemeliharaan gerak Ranpur merupakan hal yang wajib dilaksanakan pada Ranpur-Ranpur yang dimiliki Brigif Mekanis 6 Kostrad, Ranpur tersebut harus siap digerakkan kapanpun dan dimanapun untuk mendukung tugas pokok Satuan Brigif Mekanis 6 kostrad beserta Jajarannya. Apabila Perawatan ini dijalankan dengan baik maka kendaraan akan selalu siap dalam kondisi prima. “Untuk menjaga kondisi kendaraan bergerak sempurna pemeliharaan  masih dibagi lagi menjadi perawatan sebelum, selama, dan sesudah bergerak”, tambah Sultan.(penkostrad|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia