oleh

Jaga Profesionalisme, Prajurit dan PNS Lantamal V Laksanakan Tes Kesegaran Jasmani

PB|Surabaya – Untuk menjaga profesionalisme prajurit TNi yang salah satunya memikiki kesamaptaan jasmani, prajurit dan PNS dilingkup Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL V (Mako Lantamal V& melaksanakan tes kesegaran jasmani yang dilaksanakan di lapangan upacara Yos Sudarso Mako Lantamal V, Surabaya, Selasa (14/3).

Tes kesegaran jasmani ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kesiapan seluruh anggota Lantamal V dalam membina fisiknya serta untuk melihat sejauh mana kesiapan dari masing-masing individu untuk menunjang pelaksanaan tugas di bidang masing-masing.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana,  S.E, saat melihat secara langsung pelaksanaan tes garjas. Nana -sapaan akrab Wadan Lantamal V ini juga menyampaikan bahwa pelaksanaan tes ini wajib diikuti seluruh personel Lantamal V.  Dalam pelaksanaannya akan di bagi menjadi beberapa gelombang oleh tim Garjas Disminpers Lantamal.kita akan bagi menjadi beberapa gelombang karena jumlah pesertanya cukup banyak. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa personel yang ada di Mako Lantamal V ini saja sudah mencapai ribuan, apalagi ditambah dengan satker-satker yang ada diluar Mako. Oleh karena itu, tim garjas Lantamal V sudah membuatkan jadwal untuk pelaksanaannya tiap-tiap satker,” ujarnya.

Tes garjas ini lanjutnya,  hukumnya wajib bagi seluruh anggota Lantamal V karena merupakan salah satu syarat apabila yang bersangkutan ingin melaksanakan cuti maupun tes untuk mengikuti pendidikan lanjutan atau pengembangan lainnya.

Secara tehnis, pelaksanaan tes kesegaran jasmani ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu meliputi batterai “A” (lari selama 12 manit untuk militer dan lari sejauh 2400 meter untuk pns), batterai “B” ( push-up, pill-up, sit-up dan suttle run) dan batterai “C” (renang).

Menurutnya, kegiatan garjas merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan oleh prajurit dalam rangka untuk mendapatkan kesejahteraan berupa kenaikan pangkat lebih tinggi dari pangkat sekarang. Nilai garjas yang diperoleh setiap prajurit sangat menentukan kelayakan dalam pengajuan kenaikan pangkat, karena ada batas minimum nilai yang sudah menjadi aturan baku di TNI AL disesuaikan dengan kategori umur.

Maka dengan melihat beberapa materi tes kesegaran jasmani tersebut tidaklah mungkin apabila seorang prajurit menyiapkan fisiknya hanya dalam waktu yang singkat melainkan ia memang memiliki kemampuan fisik prima.

Tidak mungkin apabila seseorang tersebut akan mendapatkan nilai yang bagus tanpa adanya latihan yang terprogran dengan baik, oleh karena itu Lantamal V sudah menyiapkan beberapa program unggulan untuk memenuhi kebutuhan fisik anggotanya seperti lari siang setiap hari rabu dan olahraga gembira setiap hari kamis,” pungkas Nana.(dispenlantamal V|red)

Baca Juga