Yogyakarta – Dalam upaya menjaga standar kemampuan fisik tetap prima dalam menjalankan tugas, Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta,  Lantamal V, Koarmada II,  melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik pada Semester II TA. 2019 kemarin.

 

Tes Garjas yang digelar  di lapangan komplek Rumah Dinas Korem 072/Pamungkas, Jl. Melati Wetan, Baciro, Yogyakarta ini, juga diperuntukan bagi persyaratan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) peraonel prajuri yang layak dan sudah masuk waktu pengusulan kenaikan pangkatnya.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro hadir langsung dan mengecek pelaksananaan tes Garjas ini

Menurutnya,  pelaksanaan tes Garjas bagi personel adalah wajib dilaksanakan untuk menjaga kemampuan dan kondisi fisik para personel, untuk itu perlu upaya kesadaran pribadi prajurit dan PNS dalam melaksanakannya, dimana kesehatan dan kebugaran menjadi modal utamanya.

Pelaksanaan tes Garjas pada periode ini merupakan tes Garjas rutin tahunan, artinya secara periodik pada tiap semester akan dilaksanakan secara terencana, berdasar hal tersebut seluruh personel diharapkan dapat melaksanakannya secara maksimal dengan mengikuti tahapan-tahapan sebelum melaksanakan tes Garjas dengan baik dan semangat tinggi.

Sebelum melaksanakan tes Garjas, seluruh personel Lanal Yogyakarta melaksanakan pengecekan tensi darah dan detak jantung oleh personel Balai Kesehatan (BK) Lanal Yogyakarta, dilanjutkan pemanasan dan senam ringan dipimpin oleh personel Bintara Jasmani dan Rekreasi (Bajasrek) Serma SBA Tunggak.

Hal ini lanjut Danlanal, untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan, didasarkan bahwa kemampuan setiap personel pasti berbeda-beda dan yang mengetahui persis adalah diri pribadi masing-masing.

“untuk itu jangan diremehkan dan dalam upaya untuk menjaga faktor keamanan dan keselamatan personel,” terangnya.

Adapun tes Garjas Lanal Yogyakarta, meliputi tes kesegaran batrei “A” yakni lari selama 12 menit dan tes kesegaran batrei “B” meliputi pull up, sit up, push up dan shuttle run. Rangkaian kegiatan tes Garjas terlaksana dengan aman dan lancar. (dispen lantamal V|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia