MagetanBamin Bhakti TNI Koramil 0804/01 Magetan Serka Sukadi memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bamin Bhakti TNI Koramil 0804/01 Magetan, Jumat 25/1/2019).

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMK Yosonegoro Magetan , diikuti 122 siswa. Materi yang disampaikan meliputi pilar kebangsaan, di antaranya Pancasila sebagai konsensus dasar negara UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan,” kata Bamin Bhakti TNI Koramil 0804/01 Magetan Serka Sukadi dalam rilis yang diterima media center 0804/Magetan.

Dijelaskan, keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Bamin Bhakti TNI Koramil 0804/01 Magetan Serka Sukadi menegaskan, bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut Agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar ummat beragama.

Apalagi, kata dia, dalam semboyan bangsa kita sudah sangat jelas, yaitu ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang mengandung arti walaupun kita berbeda tetapi tetap satu.

Bamin Bhakti TNI Koramil 0804/01 Magetan Serka Sukadi itu juga menyampaikan kepada siswa SMK Yosonegoro Magetan akan bahaya narkoba yang dapat mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda.

Pada sela waktu yang ada, Serka Sukadi memberikan motifasi bagi siswa agar tetap selalu bersemangat dalam kegiatan belajar untuk menimba ilmu guna membekali para siswa setelah lulus nanti. Harapanya agar dapat mempersiapkan diri dalam persaingan mencari pekerjaan.

Selain itu Serka Sukadi juga melatih baris berbaris untuk membentuk dan membina fisik serta kedisiplinan yang menjadi tujuan latihan. Karena tidak menutup kemungkinan, setelah lulus nanti, siswa ada yang berminat untuk menjadi anggota TNI supaya bisa mempersiapkan diri sejak dini.

Dengan memberi motifasi tersebut, kesiswaan SMK Yosonegoro bapak Rafit sangat berterima kasih kepada Koramil 0804/01 Magetan yang telah membina siswanya dengan tekun, iklas dan baik, sehingga siswanya juga bersemangat dalam latihan tersebut. (tsr/R01|red)
Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia