PB|Surabaya – Tepat hari ini, Jumat, 1 Juni 2018 merupakan hari libur Nasional dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. Sudah dua tahun ini, tepatnya di mulai tahun 2017 lalu, Pemerintah telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai peringatan hari lahir Pancasila, sekaligus hari libur Nasional.

Sehubungan dengan hal itu, memasuki hari lahir Pancasila ke-73 tahun ini, seluruh institusi Pemerintah di Indonesia, sekaligus seluruh elemen masyarakat, berbondong-bondong menggelar upacara hari peringatan tersebut.

Seperti yang berlangsung di lapangan hitam Makodam V/Brawijaya saat ini. Melalui amanat Presiden RI, Joko Widodo, yang dibacakan oleh Brigjen TNI Widodo Iryansyah, S. Sos, M. M, mengatakan, sudah 73 tahun lamanya, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Bahkan, Pancasila, akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

“Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa pada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia,” jelas Kasdam V/Brawijaya. “Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan kepada Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945,” tambahnya.

Tak hanya satu kelompok, menurut Kasdam, para pendiri Bangsa berasal dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang yang duduk secara bersama-sama untuk menetapkan Pancasila, sebagai pemersatu segala perbedaan.

“Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ungkap Brigjen Widodo.

Sebagai bangsa yang majemuk, lanjut Kasdam, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita harus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika,” pinta Brigjen TNI Widodo melalui amanat Presiden Jokowi.

Pada kesempatan upacara saat ini, Kasdam menghimbau seluruh prajuritnya untuk memanfaatkan momentum tersebut, sebagai dasar untuk pemacu, sekaligus momen mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan Bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” pinta Kasdam. “Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita Bersatu, Kita berbagi,” tegas Brigjen TNI Widodo Iryansyah, S. Sos, M. M, yang hadir mewakili Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, M. A, sebelum mengakhiri berlangsungnya upacara yang diikuti oleh seluruh prajurit TNI-AD dan PNS di wilayah Makodam V/Brawijaya saat ini.(Pendam V|red)

Bagikan