Kediri – Kepala Staf Divif 2 Kostrad, Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han) memimpin upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-103 Tahun 2018 di Wilayah Kodim 0809/Kediri, Kabupaten Kediri. Selasa (13/11).

Pelaksanaan TMMD kali ini mengangkat tema “TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis.” Tema ini sejalan dengan visi Pemerintah Pusat melalui kebijakan “Membangun Indonesia dari pinggiran”. Kebijakan ini memberikan kesempatan untuk membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata, sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong.

Target yang telah dicapai dalam TMMD ini meliputi perbaikan sarana prasarana kebinamargaan yang sudah ada, seperti akses jalan makadam di perkampungan, pembangunan dan rehabilitasi puluhan jembatan, rumah ibadah dan sekolah, serta perbaikan rumah-rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana sanitasi untuk masyarakat.

Disamping itu, sasaran non fisik berupa peningkatan nasionalisme dan pencegahan radikalisme juga menjadi salah satu perhatian di TMMD ini, yakni dengan memberikan pembekalan kepada warga agar tanggap dalam deteksi dini dan lapor cepat jika ada orang dengan gerak gerik mencurigakan.

KASAD menyampaikan dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdivif 2 Kostrad menyampaikan, “Di samping sasaran pembangunan fisik dan non-fisik tersebut, pelaksanaan TMMD ini juga membawa misi khusus, yaitu untuk menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dan berkembangnya intoleransi, serta menumbuhkan kedekatan antara rakyat dengan prajurit TNI”.

“Teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing, serta jadikan diri kita sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar kita untuk mau belajar dan memajukan desa dan wilayahnya”, terang KASAD di akhir amanatnya kepada prajurit.

Turut hadir pada upacara penutupan TMMD ini, Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Arm Budi Suwanto, S.sos, Komandan Kodim 0809/Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Asisten Teritorial Kasdivif 2 Kostrad Kolonel Inf Erwin, S.IP., dan para unsur Forkopimda Kediri, serta masyarakat Kediri.(pendiv 2|red)

Bagikan