Tegal – Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) pimpin jalannya Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) HUT Ke-73 Kemerdekaan RI yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Persada Lebaksiu, Kab.Tegal, Jumat (17/8)     Upacara yang berlangsung dengan khidmat dan digelar tengah malam tepat Pkl. 24.00 Wib ini, dimana Komandan Lanal Tegal menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam acara tersebut. Selepas Apel dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Apel Kehormatan serta Renungan Suci. Sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami yang hadir pada hari ini untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian penghormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian negara dan bangsa,” ucapnya.

Lebih lanjut, renungan suci ini mengingatkan generasi bangsa tentang jasa para pahlawan yang telah berjuang memberikan segala yang ada, baik harta, jiwa dan raga untuk mencapai kemerdekaan.

“Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus hari ini bertugas mengisi kemerdekaan itu dengan sebaiknya dan melaksanakan tugas-tugas, amanah yang diberikan oleh para pendiri bangsa ini,” tegasnya.

Apel kehormatan dan renungan suci tersebut juga dihadiri oleh seluruh Jajaran FORKOMPINDA, serta perwakilan Prajurit  TNI-Polri yang berada di Kabupaten Tegal termasuk diantaranya Prajurit Lanal Tegal.(dispen lantamal V|red|noven)

Bagikan