tmmd-reg-ke-97-cara-membuat-gula-semut-dipratikan-1PB | Cilacap – Ini yang disarankan jajarna TNI Kodim Cilacap, kepada para petani gula merah di Desa Mekarasari (desa sasaran TMMD). Dengan menggandeng Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, kepedulian kepada pera petani gula merah dicanangkan. Pasalnya, hingga saat ini penghasilan petani gula merah jauh dari manis air niranya. Rata-rata penghasilan mereka hanya cukup untuk menghidupi keluarganya saja.

Terkait dengan kondisi itu, jajaran Kodim Cilacap dan Dinas Kehutanan/Perkebunan, sebenarnya sudah sejak tahun 2012 telah mengadakan penelitian ke berbagai tempat. Dan memproleh fakta, pengolahan gula merah banyak dijumpai memakai obat kimia. Sementara yang laku di pasaran justru gula merah organik.

Dan itu yang akan dibenahi dengan memanfaatkan momen TMMD Reguler. Pasalnya, harga gula yang pakai obat kimia per kilo Rp 7.500, sementara harga jual gula non kimia per kilo mencapai Rp 13.000.

Selama ini keluhan-keluhan pengrajin gula mengenai pemasaran sudah dicarikan solusinya. Yakni dengan mencarikan penampung gula diantaranya dari Yogyakarta dan Purwokerto dimana sudah ekspor ke luar negeri. Apabila saran Kodim Cilacap dilaksanakan para pengrajin gula yang ada di Kabupaten Cilacap, termasuk di Desa Mekarsari, tentu kehidupan penderes/pengrajin gula merah akan meningkat. (Pendim0703/red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia