Brebes – Ruas jalan raya Provinsi Banjarharjo-Salem Kabupaten Brebes, tepatnya di Tanjakan Santan Arum Desa Bandungsari Kecamatan Salem Kabupaten Brebes yang tertutup material akibat tanah longsor, pada Senin (21/1/2019), kini kembali normal untuk dilalui baik kendaraan roda dua maupun empat. Selasa (22/1/2019).

Berbagai upaya yang telah dilakukan ratusan orang yang tergabung dalam Peduli Bencana Alam Banjarharjo-Salem Brebes, berhasil mengevakuasi longsoran tanah sepanjang 10 meter dengan ketebalan puncak 2 meter.

Keberhasilan membersihkan longsoran tanah tersebut, dibenarkan Pjs. Danramil 13/Salem Kodim 0713/Brebes Pelda Jahri di lokasi karya bakti. “TNI dan elemen gabungan dari dua kecamatan yaitu Salem dan Banjarharjo, berhasil membuka akses jalan akibat longsoran tanah dengan peralatan manual disertai dengan semangat tentunya,” ungkapnya.

Dijelaskannya, para relawan gabungan dua Kecamatan tersebut meliputi Koramil, Polsek, BPBD, Karyawan Perhutani BKPH Salem dan Banjarharjo, Satpol PP, Bagana (Banser Tanggap Bencana), Paguyuban Sopir Angkutan Barang serta warga masyarakat.

“Sehari sebelumnya, tebing yang termasuk dalam lingkungan Gunung Lio kompleks setinggi 10 meter ini, longsor pukul 13.00 WIB dikarenakan tanah labil akibat diguyur hujan terus-menerus selama dua hari kebelakang. Saya selaku warga masyarakat setempat dan prajurit sangat mengapresiasi kebersamaan lintas sektoral ini,” imbuhnya.

Kini akses utama perekonomian dan pendidikan warga masyarakat antar Kecamatan/Kabupaten (Brebes-Majenang Cilacap) tersebut sudah dapat dilalui, walaupun masih licin akibat lumpur bekas longsoran.(penrem071|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia