Surabaya – Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) II, Laksamana Pertama TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., memimpin Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Senin (29/10/2018).

Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 kali ini mengambil tema, “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini merupakan pengertian dari pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI.

Dalam amanat Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) Imam Nahrawi yang dibacakan oleh Danguspurla Koarmada II menyampaikan bahwa, “Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor untuk terus membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini serta komitmen Kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa satukan Indonesia.”

Lanjutnya, sangat diperlukan partisipasi aktif, peran penting dan tanggung jawab pemuda dalam mensukseskan mekanisme laju pemerintahan tersebut. Hindari gesekan-gesekan yang melemahkan persatuan, pemuda harus mampu keluar dari jebakan primordialisme, pemuda harus bangkit terus dengan hal-hal positif dan kreatif.
Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalismedan terorisme. Ciri pemuda yang maju adalahpemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.
“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo, bangun pemuda satukan Indonesia,” pesan akhir dari Kemenpora RI.
Hadir dalam acara tersebut, para Asisten Pangkoarmada II, para Sahli Pangkoarmada II, para Kasatker Koarmada II, dan para Komandan Unsur di Pangkalan Surabaya. (Dispenarmada II|ivan|red)
Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia