oleh

KOARMATIM SAMBUT KEDATANGAN SATGAS MTF KONGA XXVIII-H/UNIFIL

06 (1) PB | Surabaya – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJA) Ny. Ina Darwanto sambut kedatangan 107 Prajurit Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-H/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, S.T., sukses melaksanakan tugas dalam mengamankan perairan Lebanon pada misi perdamaian PBB. Penyambutan Satgas MTF ke-8 ini berlangsung di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya. Selasa, (06/9/2016). 06 (4)
Dalam amanatnya Pangarmatim atas nama keluarga besar Koarmatim dengan rasa bangga menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat kembali ke tanah air kepada Dansatgas dan seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas MTF XXVIIIH/UNIFIL Lebanon Tahun 2015. “Selama kurang lebih satu tahun, bersama-sama dengan Angkatan Laut negara-negara lain dalam UNIFIL MTF, keikutsertaan TNI atau TNI AL dalam misi perdamaian di bawah kendali PBB, merupakan langkah nyata sebagai implementasi dari tujuan Bangsa Indonesia, sebagaimana yang diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945, yang salah satunya adalah ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”, ujar Pangarmatim.
Dengan KRI Bung Tomo-357, Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-H/UNIFIL  selama melaksanakan penugasan menunjukkan prestasi operasi tertinggi diantara kapal-kapal perang dari negara Jerman, Brazil, Yunani, Turki dan Bangladesh. Operasi yang dilaksanakan antara lain hailing di AMO terbanyak dan keseriusan sebagai MIO (Maritime Interdiction Operation) Commander, HEC (Helly Element Control) maupun AAWC (Anti Air Warfare Commander) serta aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan UNIFIL.06 (2)
Misi diplomatik yang telah aktif dilakukan Satgas MTF XXVIII-H/UNIFIL sangat berdampak positif antara lain, meningkatkan hubungan baik antara Lebanese Armed Force (LAF) Navy dan TNI, sehingga LAF Navy Commander memberikan LAF Medal kepada Dansatgas Maritim TNI Konga XXVIII-H/UNIFIL Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, S.T.,
Prajurit Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-H/UNIFIL setelah melaksanakan misi PBB yang berhasil meraih predikat “Outstanding” dari MTF Commander UNIFIL akan mengawaki KRI Jhon Lie-358, sedangkan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL dengan Komandan Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, S.E., dengan jumlah 107 personel akan mengawaki KRI Bung Tomo-357 untuk melanjutkan misi perdamaian dunia PBB dalam misi Maritime Task Force di Lebanon.
Selanjutnya, seluruh Peacekeepers bertemu keluarga yang telah menantikan kedatangan pahlawan dari penugasan Lebanon, di gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim, yang kemudian dirangkai dengan acara ramah tamah bersama Pangarmatim dan KDJA dengan Satgas MTF Konga XXVIII-H/UNIFIL.
Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., dan Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. I.N.G. Ariawan, Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., Kepala Dinas Psikologi Angkatan Laut (Kadispsial) Laksma TNI Drs. Mitra, M.Com., para Pejabat Utama Koarmatim dan para Komandan Satuan Jajaran Koarmatim, serta keluarga dari personel satgas MTF Konga XXVIII-H/UNIFIL.(dispenarmatim/ivan/red)

Baca Juga