cilacap-gelar-apel-bela-negara-nkri-harga-mati-1 PB | Cilacap – Komando Distrik Militer (Kodim) 0703 / Cilacap, menggelar apel Bela Negara dengan mengambil tema ” NKRI HARGA MATI” kewaspadaan nasional dalam menghadapi Demo tanggal, 25 November dan 2 Desember 2016 dalam perspektif mempertahankan NKRI dan Pancasila.

Kegiatan apel yang dipusatkan di halaman Makodim 0703/Cilacap, Kamis (24-11-2016), yang diikuti ratusan peserta dari TNI, unsur Forkompinda, Satuan Polisi Pamong Praja, Linmas, Mahasiswa, PPAD,Ormas FKPPI, PPM, Orang Indonesia (OI), Banser, KOKAM dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama berlangsung dengan hikmat meski dibawah sengatan terik matahari yang panas.cilacap-gelar-apel-bela-negara-nkri-harga-mati-2Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali semangat, jiwa Nasionalisme, Patriotisme, rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika sehingga memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta mengajak warga masyarakat khususnya Kabupaten Cilacap, untuk tidak terpengaruh dengan rencana Aksi Demo Besar – besaran pada tanggal 25 November dan 2 Desember 2016.

Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT mengatakan, tujuan apel ini dilaksanakan untuk mengantisipasi gerakan aksi demo lanjutan yang sebelumnya dilakukan pada tanggal, 4 November 2016 yang lalu, karena sudah kritis dan terindikasi tidak murni lagi. cilacap-gelar-apel-bela-negara-nkri-harga-mati-3“Kami himbau, untuk membangkitkan rasa nasionalisme terutama bagi seluruh komponen bangsa,” kata Dandim saat memimpin acara apel Bela Negara yang didampingi Wakil Bupati Cilacap H. Mochamad Edy Susanto beserta unsur Forkompinda.

Perintah ini, kata Dandim supaya bangsa Indonesia mengatisipasi gerakan demo pada tanggal, 25 November dan 2 Desember 2016, dan kepada segenap Komponen masyarakat untuk tidak terpancing dengan rencana demo besar besaran besok. Rencana Demo besar – besaran besok adalah rangkaian Demo yang dilakukan pada tanggal 4 November kemarin yang menuntut ahok untuk di adili. Namun rencana Demo besok sudah tidak murni lagi, ada kepentingan lain yang akan menunggangi aksi demo tersebut.cilacap-gelar-apel-bela-negara-nkri-harga-mati-4Untuk itu, TNI akan selalu dibelakang Polri membantu habis – habisan kepada segenap komponen bangsa untuk tidak ikut – ikutan Aksi demo besok. Ia menghimbau baik secara halus persuasif maupun secara tegas untuk mendukung pemerintahan.
” Ini untuk kepentingan bersama, persatuan dan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” tegasnya
Ditambahkan, dilihat dalam skala nasional terdapat eskalasi permasalahan dan dampaknya. Begitu pula dengan daerah. Sehingga, butuh strategi dalam mengantisipasinya,” imbuhnya.

Terpisah, beberapa anggota Ormas mengaku, bangga bisa ikut berpartisipasi dalam apel Bela Negara ini yang diselenggarakan Kodim 0703/Cilacap. Diharapkan, TNI terus meningkatkan rasa nasionalisme dan menyuarakan perdamaian. Terlebih antar Organisasi masyarakat yang rentan terjadi konflik.
“Insya Allah kami akan menjaga amanah dari Pemerintah demi keamanan persatuan dan kesatuan Bangsa,” (STY/PENDIM CILACAP)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia