penyuluhan-pertanian-tmmd-pacitan-2 PB | Pacitan – Sebanyak 150 warga Desa Kemuning Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan ikuti Penyuluhan Pertanian, oleh Dinas Pertanian Kabupaten pacitan bertempat di RT 08 RW 03 Dusun Grigak Ds. Kemuning Kec. Tegalombo Kab. Pacitan. Minggu malam (25/9/16).
Penyuluhan yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97, sebagai petugas penyuluhan adalah Drs. Moh Said, SP dan Gunawan, SP dari Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan. Kegiatan ini juga diikuti oleh Perwakilan anggota TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD, Danramil 04 Tegalombo Kapten Inf Sunarji, Dan SSK TMMD Lettu Pas Sugiono, S. Sos, Kades kemuning Kusnan, Kasun Grigak Edy Prawoto, Tomas, Toga, Toda dan masyarakat setempat.penyuluhan-pertanian-tmmd-pacitan-1
Adapun kegiatan yang bertujuan, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani Desa Kemuning sebagai rangkaian sasaran kegiatan Non fisik TMMD ke-97 dengan harapan agar bisa menambahkan kemampuan khusus petani setempat dalam meningkatkan hasil pertanian, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
Dalam kesempatan itu, Drs. Moh Said, SP mengatakan, kegiatan yang dititik beratkan pada pengenalan pola tanam jajar legowo, pembuatan pupuk organik dan pemanfaatan pos daya pekarangan untuk tanaman pangan dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan masyarakat dan harapanya bisa mencapai susuai yang ditargetkan.penyuluhan-pertanian-tmmd-pacitan-3
Lebih jauh, Drs. Moh Said, SP menjelaskan, penyuluhan yang diberikan sebagai upaya agar petani tidak mengalami tekanan-tekanan yang saat ini dialami petani, diantaranya tekanan ekonomi, alam, sosial, budaya serta kebijakan, untuk menyongsong pasar bebas.
Diharapkan, petani bisa menyiapkan diri sehingga tidak merasa dapat tekanan dari luar, yakni dengan cara meningkatkan kwalitas hasil-hasil pertanian, khususnya tanaman holtikultura dengan menekan penggunaan pestisida sehingga tanaman yang dihasilkan tidak mengandung Residu Pestisida. (Penrem081/red)
Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia