oleh

KODIM CILACAP AJAK SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT KEMBALI NILAI LUHUR BUDAYA INDONESIA

PB|CILACAP – Kodim 0703 Cilacap, melalui Kepala Staf Kodim Mayor Inf. Raji saat berdialog dengan Chandra Reporter Yes Radio FM Cilacap mengemukakan bahwa, dengan kebhinnekaan komponen masyarakat diminta untuk mendalami kembali nilai-nilai dan budaya paling luhur dari bangsa Indonesia.

Menurut Kepala Staf, saat ini gema nasionalisme di kalangan masyarakat, generasi muda semakin luntur. Hal ini sangat ironis, karena saat keinginan mereka untuk meninjau dunia makin tinggi, pengetahuan dan pemahaman terhadap budaya Indonesia justru sangat rendah,” ujar Mayor Inf Raji, Kamis (08/12).

Maka dengan hal tersebut Kodim 0703/Cilacap terus melakukan sosialisasi pemahaman nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia tentunya kembali ke Pancasila dan UUD’45. Menurutnya sosialisasi ini di lakukan di setiap Kecamatan-Kecamatan dan diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, merekapun sangat antusias dengan adanya sosialisasi yang diselenggarakan oleh Kodim 0703 Cilacap.

Lebih lanjut Kepala Staf menjelaskan, konsep pertahanan yang dianut oleh TNI berbeda dengan konsep pertahanan pada era revolusi fisik. Adapun ancaman terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia yang paling berbahaya, berasal dari dalam Bangsa Indonesia itu sendiri. Seperti diketahui, Indonesia memiliki beraneka ragam budaya, bahasa, suku bangsa, agama, dan adat istiadat. Oleh karena itu, peran TNI bertanggung jawab untuk menggugah kembali semangat nasionalisme. Sehingga setiap kelompok tidak mengedepankan perbedaan yang ada, namun menumbuhkan semangat kebersamaan dalam ikatan kebhinekaan Indonesia,” tandas Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap. (STY|red)

Baca Juga