oleh

KODIM DEMAK IKUT RAMAIKAN GOES PESONA NUSANTARA

PB|Demak – Dandim 0716/Demak ( Letkol Inf Agung Udayana, S.E ) dan anggota kodim Demak bersama sekitar 5.000 penggoes dari berbagai wilayah Demak maupun luar Demak turut ramaikan Goes Pesona Nusantara (GPN) di Demak, Minggu (3/9/2017) yang merupakan bagian dari program “Ayo Olahraga” Kemenpora. GPN di Demak diberi nama Tilas Kesultanan Demak dan Sunan Kalijaga.

Peserta menempuh jarak kurang lebih12 km, yang dimulai dari Stadion Pancasila dan finish di Alun-alun Demak. Sepanjang rute itu, peserta melewati Sentra Jambu Merah Delima, Sentra Jambu Citra, tilas Sunan Kalijaga, Kesultanan Demak, dan berakhir di alun-alun Demak. Sebelum peserta menggowes sepeda mereka,dilaksanakan simbolisasi pencanangan budaya hidup sehat dan lingkungan bersih. Sebagi bentuk simbolisasi,diserahkan masker pada 5 peserta GPN. Sejumlah kesenian daerah juga ikut serta menyemarakkan Gowes Pesona Nusantara di kota Wali ini.

Murid-murid dari SMPN 02 Demak juga ikut berpartisipasi mementaskan tari Gambyong. Sementara siswa dari MS Sholahudin juga menyajikan tari Zipin Pesisiran. Turut pula dilibatkan sanggar senam se-Kabupaten Demak dan siswa-siswi SMA di Demak dalam senam Ayo Olahraga. Acara dimulai dengan senam bersama. dilanjutkan penyerahan tanah dan air, yang berasal dari Bumi Perdikan Kadilangu,” kepada MENPORA yang dalam kegiatan GPN ini di wakili oleh Drs.H.Edi Nurinda, M.Si Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Teknologi Kesehatan nasional.

Bumi Perdikan Kadilangu adalah wilayah di Kabupaten Demak yang tidak pernah dikuasai oleh penjajah. Tanah dari Perdikan ini melambangkan semangat menjaga kemerdekaan bumi pertiwi dari segala bentuk penjajahan.Sementara air yang akan diserahkan berasal dari sumur Penguripan peninggalan Sunan Kalijaga. Tanah dan air ini akan dikumpulkan bersama dengan tanah dan air dari daerah lain di kawasan gunung Tidar pada 9 September nanti.(Pendim 0716/Demak|red)

Baca Juga