PB|Semarang – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut ( Danlanal)  Semarang Lantamal V Kolonel Laut (P)  Heri Triwibowo,S.E. memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila untuk yang pertama kalinya. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini  merupakan  sebuah Komitmen dari Masyarakat Indonesia agar lebih mendalami,  menghayati, dan mengamalkan nilai nilai Luhur Pancasila sebagai Dasar Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. Upacara tersebut di gelar di Lapangan apel Mako Lanal Semarang. Jum’at (1/6). Komandan upacara di percayakan kepada Kapten Laut (T) Suripto yang tugas kesehariannya sebagai Ka Satbek Lanal Semarang. Sedangkan peserta upacara adalah seluruh Prajurit,  dan PNS Lanal Semarang.

Dalam Sambutannya  Presiden RI Ir.  Joko Widodo yang di bacakan oleh Inspektur upacara menegaskan bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan Proses yang dimulai  dengan Rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan Rumusan Final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Adalah jiwa besar para pendahulu dari seluruh pelosok Nusantara sehingga di masa sekarang ini bisa membangun kesepakatn Bangsa yang mempersatukan kita. Lebih lanjut Prediden RI mengajak kepada seluruh peserta dan para hadirin  untuk kembali ke jatidiri sebagai Bangsa yang santun, berjiwa gotong royong,  dan Toleransi.  Dan tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia Bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata Internasional. 

Mengakhiri sambutannya Presiden RI  mengucapkan “Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila, semua anda Indonesia, semua anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila”.(Dispenlantamal V|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia