PB|Yogyakarta – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd.  memimpin gelaran upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di lapangan apel Mako Lanal Yogyakarta Jl. Melati Wetan No 62 Yogyakarta kemarin.   Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Kepala Balai Kesehatan (Ka. BK) Lanal Yogyakarta, Kapten Laut (K) Ngadino dengan pasukan upacara terdiri dari kelompok perwira menengah (Pamen) dan perwira staf, 1 unit korps musik (Korsik), 1 peleton gabungan perwira pertama (Pama) dan bintara tinggi (Bati), 1 peleton bersenjata gabungan Bintara dan Tamtama serta 1 peleton PNS Lanal Yogyakarta.

Presiden Republik Indonesia dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Danlanal Yogyakarta menyampaikan bahwa peringatan lahirnya Pancasila tiap tanggal 1 Juli kita manfaatkan sebagai momen untuk mengingat dan memacu aktualisasi pengamalan nilai nilai luhur pancasila dengan semangat Bhineka Tunggal Ika sebagai warisan funding father untuk kemajuan bangsa dan sekaligus sebagai sumbangsih terhadap ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan soaial. “Atas nama rakyat Indonesia, saya ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada generasi muda yang telah mengamalkan memahami pancasila dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Pada kesempatan ini saya mengajak kepada ulama, tokoh agama , para guru, ustad, jajaran pemerintahan, politisi, TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi di seluruh komponen bangsa indonesia untuk mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan prestasi menuju negara yang maju dan jaya. “Selamat hari lahir Pancasila, “Kita bersatu, Kita berbagi, Kita berprestasi,” pungkas Presiden.

Sedangkan pada sore harinya, bertempat di lapangan Graha Sabha Pramana Universitas Gajah Mada (UGM), Depok Sleman Yogyakarta, Danlanal Yogyakarta menghadiri acara Konser Indonesia Damai Pancasila Rumah Kita dengan kegiatan aubade, orasi kebangsaan, deklarasi, pementasan tari budaya nusantara dan penampilan live musik. Selaku penyelenggara Kepala Pusat Study Pancasila bekerja sama dengan Sekber Keistimewaan DIY dengan bintang tamu group musik band Slank.

Hadir dalam acara konser tersebut pejabat pemerintah dan pimpinan TNI Polri, Forkompinda, serta ketua civitas akademi wilayah DIY antara lain, Sri Sultan HB X (Gubernur DIY) beserta KGR Hemas, Ketua DPRD Yogyakarta, Danrem 072/Pamungkas, Kapolda DIY yang diwakili Irwasda, Danlanal Yogyakarta, Kabinda DIY, Danlanud Adi Sucipto yang diwakili Kasintel, Kakesbangpol DIY, para Rektor Universitas Yogyakarta (UGM, UNY, UIN dan UNY) serta tamu undangan dan peserta hadir dari kelompok mahasiswa, pelajar SLTA,  organisasi kepemudaan dan kebudayaan sekitar 1.000 orang ikut serta dalam rangkaian peringatan hari lahir Pancasila, 1 Juni 2018 wilayah DIY.(Dispenlantamal V|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia